Ekspor Kendaraan Toyota Sudah Mencapai 2,3 Juta Unit

DAPURPACU – Toyota Indonesia berhasil mencatatkan rekor pertumbuhan baru untuk ekspor kendaraan merek Toyota ke berbagai negara tujuan hingga mencapai hampir 297 ribu unit pada 2022.

Jumlah ini melonjak signifikan dibandingkan kinerja ekspor pada periode yang sama tahun sebelumnya sampai dengan 58 persen, ke lebih dari 80 negara tujuan ekspor.

Performa ekspor Toyota Indonesia telah memberikan kontribusi nyata sebesar 63% terhadap total ekspor CBU ekspor nasional sejumlah 473.602 unit.

Secara total sejak 1987 sampai 2022, Toyota Indonesia telah mengirimkan sebanyak 2,3 juta unit, Fortuner berkontributor besar hingga 578 ribu unit sejak pengiriman perdananya.

Direktur Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam mengaku pencapaian ini tidak diraih dengan waktu yang singkat, 35 tahun sudah proses ekspor dilakukan hingga mencapai 2,3 juta unit.

“Kami menginisiasi ekspor perdana kendaraan Toyota Indonesia dengan mengirimkan Kijang, hingga akhirnya berhasil mengekspor 297 ribu unit sepanjang 2022,” tambah Bob.

Baca juga:  Maret 2024, OMODA & JAECOO Catat Lonjakan Penjualan

Dia memaparkan, pada 2022 lalu, Veloz menjadi penyumbang ekspor terbesar kendaraan Toyota Indonesia hingga mencapai 70 ribu unit.

Di tahun ini, lanjut Bob, Toyota Indonesia berencana melakukan ekspansi negara tujuan ekspor ke Kawasan Afrika, sebagai salah satu strategi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Di tengah ancaman perlambatan ekonomi global pun, Toyota Indonesia tetap menargetkan pertumbuhan kinerja ekspor tahun ini akan naik sebesar 5 persen,” tutup Bob. [dp/TH]

Previous articleGT Radial Champiro Luxe Jadi OEM Kijang Innova Zenix
Next articleTembus di Hati Konsumen, Lini Mitsubishi Fuso Terus Kuasai Pasar Kendaraan Niaga di Indonesia