Kolaborasi Indomobil dan Foton Kembangkan Kendaraan Niaga Listrik

DAPURPACUID – Pasar otomotif Indonesia akan kedatangan merek kendaraan niaga, melalui kemitraan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) dan Beiqi Foton Motor Co, Ltd (Foton Motor).

Dalam kerja sama strategis tersebut kedua belah pihak berkomitmen untuk mengembangkan pasar kendaraan niaga di Indonesia dan skala besar di ASEAN.

Prosesi penandapenandatanganan kerja sama telah dilaksanakan di Jakarta, pada 26 Januari lalu, yang merupakan kelanjutan dari pertemuan kedua perusahaan pada Juli 2023 lalu.

Hasil dari kemitraan ini disepakati Indomobil ditunjuk untuk mendistribusikan dan merakit kendaraan niaga bermesin listrik Foton Motor di Indonesia.

Sebagai langkah awal, secara bersamaan juga ditandatangani vehicle distribution agreement antara Foton dan PT Indomobil Global Transportasi, salah satu anak perusahaan Indomobil.

Penandatanganan dilakukan oleh Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil didampingi Andrew Nasuri, Direktur Pengembangan Bisnis. Lalu ada Fu Jun, Presiden Direktur Foton International, didampingi oleh Wu Zongtian, Wakil Presiden Direktur.

Baca juga:  Mitsubishi Fuso Dinobatkan Sebagai Merek Niaga 'Lawas' di Indonesia

Dalam waktu dekat, kedua belah pihak juga akan mendirikan perusahaan patungan manufaktur dan penjualan untuk memperdalam operasi lokal dan meningkatkan tingkat lokalisasi.

Dalam siaran resminya, Senin (5/2), kemitraan strategis ini juga akan membuka kemungkinan menjadikan Indonesia sebagai pusat manufaktur kendaraan listrik Foton Motor di ASEAN.

Keduanya berambisi menjadi pelopor kendaraan niaga listrik terdepan di Indonesia, dengan beragam produk yang tersedia dan layanan purna jual terbaik, menggabungkan pengalaman dan keahlian lokal Indomobil serta pengetahuan dan teknologi Foton Motor.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, transportasi berperan besar dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi negara. Untuk itu, dibutuhkan peralatan yang berkualitas untuk mendukung transportasi yang efektif dan efisien.

Foton Motor sendiri merupakan produsen kendaraan komersial terbesar di Cina, yang memiliki produk dan solusi kendaraan niaga bermesin listrik terbaik.

Di masa depan, Foton Motor akan memanfaatkan keunggulannya dalam R&D dan manufaktur, terutama produk dan teknologi energi baru, bersama dengan Indomobil mengembangkan pasar kendaraan komersial Indonesia. [dp/TH]

Previous articlePiaggio Indonesia Bagikan Angpao Tiap Beli Unit Baru
Next articlePerusahaan ‘Sehat’, Adira Finance Dapat Kucuran Pinjaman