Teknologi Honda EM1 e: Bikin ‘Kepo’ Siswa SMK Binaan Wahana

DAPURPACUID – Aktivitas Astra Honda Berbagi Ilmu (AHBI) telah digelar oleh PT Wahana Makmur Sejati (WMS) di tiga dari enam SMK binaan yang direncanakan pada tahun ini.

Melalui program bertema ‘Jelajahi motor listrik Honda EM1 e: yang Trendy, Modern, dan Compact’ ini merupakan upaya PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT WMS meningkatkan mutu pendidikan vokasi di Tanah Air.

Seperti diketahui, AHBI sendiri digagas oleh Vocational Department AHM bekerja sama dengan Vocational WMS, serta Affiliated Company (Affco) AHM.

AHBI menjadi bagian dari upaya AHM dalam menyampaikan teknologi terkini motor Honda kepada para siswa SMK binaan, yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Adapun materi yang diberikan mencakup pengetahuan produk, fitur-fitur keunggulan EM1 e:, tips perawatan motor listrik dan perawatan baterai Honda Mobile Power Pack (HMPP).

Lalu, bagaimana kesan para pelajar di tiga SMK binaan WMS yang telah mengikuti AHBI 2024? Diklaim oleh para siswa seluruh kegiatan tersebut berlangsung seru.

Baca juga:  Wahana Honda Bukukan Penjualan Lebih dari 7.000 Unit di JFK 2024

Siti Aulia Zahra, pelajar kelas X di SMKN 3 Tangerang Selatan, mengaku merasa banyak ilmu yang didapatnya setelah mengikuti aktivitas AHBI 2024 di sekolahnya.

“Saya jadi banyak tahu komponen-komponen yang ada di motor listrik. Pokoknya, seru banget, senang juga saya dapat hadiah dari Astra Honda,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan teman satu sekolahnya bernama Haikal Ramadhan. Menurutnya, banyak pengetahuan yang didapat terkait motor listrik Honda tersebut.

Termasuk seluruh fitur yang ada di motor listrik Honda EM1 e:, kode ban dan kualitas ban yang layak dipakai, serta masih banyak lagi lainnya.

“Acara ini dapat membantu teman-teman mempelajari ilmu otomotif lebih dalam,” tambah pelajar yang duduk di kelas X jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor tersebut.

Kesan serupa juga dilontarkan oleh Aisyah Ainun Jamilah, siswi kelas X di SMKN 34 Jakarta. “Sangat menyenangkan dan mendapatkan ilmu. Tetap semangat!” imbuhnya.

Baca juga:  Intip Keseruan Honda EM1 e: Kawal Even Marathon di Bandung

Pemaparan Materi Dua Arah

AHBI berlangsung dua arah, dimana para instruktur AHM menjelaskan seluk-beluk motor listrik EM1 e: kepada para peserta yang berasal dari SMK binaan khususnya di area Jakarta-Tangerang.

Pemaparan dilakukan secara dua arah. Dengan begitu, pembelajaran berlangsung dinamis, tidak monoton. Seluruh materi pun disampaikan secara teori maupun praktik.

“AHBI digelar dengan pendekatan tren terkini, yakni motor listrik. Metode pengajaran disampaikan sesuai karakter para pelajar masa kini, yakni fun namun edukatif,” kata Head of Technical Service Department PT WMS, Benedictus F. Maharanto.

AHBI 2024 berlangsung selama periode April hingga Agustus mendatang. Untuk area Jakarta-Tangerang, AHBI digelar di SMK Iptek Jakarta, SMKN 8 Kabupaten Tangerang, SMKN 34 Jakarta, SMKN 3 Tangerang Selatan, SMK Jaya Buana, dan SMK Taman Siswa 2 Jakarta.

AHBI 2024 juga mencerminkan Sinergi Bagi Negeri karena sejumlah perusahaan di industri otomotif juga turut mengisi materi kepada para peserta didik. [dpid/TH]

Previous articlePertamina Enduro 5W-40 ‘Lolos Uji Jalan’ di Mesin Motor BMW
Next articleUpaya DAM Edukasi Pelajar SMK Binaan Saring Berita ‘Hoax’