Pertamina Enduro 5W-40 ‘Lolos Uji Jalan’ di Mesin Motor BMW

DAPURPACUID – Pertamina Lubricants berkolaborasi dengan BMW Motorrad Indonesia telah menggelar uji jalan (road test) produk Pertamina Enduro dengan rute Jakarta – Jogja.

Berlangsung pada pertengahan Juni 2024, pelumas dengan spesifikasi SAE 5W-40 tersebut dibenamkan pada dua moge lansiran Jerman dengan mesin di atas 1000 cc, yaitu R1300GS dan R1250GSA.

Tujuan utama road test dengan menempuh jarak sejauh 1.000 km ini adalah sebagai ajang pembuktian dari ketangguhan dan kualitas Enduro SAE 5W-40 menghadapi berbagai kondisi di jalan.

Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants, Dwi Puja Ariestya mengeklaim, produk pelumas yang dibenamkan pada mesin motor berperforma dan teknologi tinggi ini cukup menjawab kebutuhannya.

“Road test pada mesin motor BMW Motorrad merupakan sebuah langkah penting untuk menunjukkan performa, keandalan, serta kualitas pelumas anak bangsa,” tutur Dwi, dalam siaran resminya.

Dwi menambahkan, dengan pengujian jalan darat tersebut telah membuktikan Pertamina Enduro SAE 5w-40 mampu menghadapi berbagai kondisi seperti suhu lingkungan, variasi kecepatan, dan beban mesin yang beragam.

Baca juga:  Duo Rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team Sapa Bikers Bali

Dia meyakini lewat kolaborasi uji jalan ini akan membuka peluang kolaborasi strategis yang tidak hanya dengan BMW Motorrad Indonesia, juga untuk motor-motor adventure dari BMW lainnya.

“Pasalnya, melalui road test tersebut kami mampu menghadirkan produk pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin terkini dari BMW bahkan kedepannya untuk motor-motor adventure lainnya,” jelas Dwi kemudian.

Sebelum road test berlangsung, Pertamina Enduro Platinum SAE 5W-40 telah menjalani serangkaian pengujian ketat untuk membuktikan keunggulannya.

Tahap pertama pengujian dimulai dengan dynotest, dimana hasilnya menunjukkan bahwa performa Pertamina Enduro 5W-40 lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor.

Dynotest sendiri merupakan pengujian untuk mengetahui performa maksimal yang dapat dicapai oleh mesin (horsepower dan torsi), dimana pada kondisi ini oli berperan penting. Hasilnya, Enduro 5W-40 mampu memberikan performa lebih stabil dan andal.

Pertamina Enduro Platinum 5W-40 diformulasikan khusus dengan teknologi ESTER. Formulasi full sintetik PAO-ester memberikan performa yang dapat diandalkan, bahkan dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Baca juga:  Duo Rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team Sapa Bikers Bali

Pelumas ini tak hanya memberikan torsi dan tenaga maksimal, namun juga memiliki kestabilan terhadap shear yang terbaik dan dapat melindungi mesin dari keausan komponen berlebih.

Selain itu, pelumas tersebut juga diklaim memiliki tingkat penguapan yang rendah, sehingga pemakaian pelumas menjadi lebih irit dan pelumasan lebih optimal.

Salah satu peserta road test yaitu Johan Imansyah memaparkan, pasca pengujian ketangguhan pelumas Enduro Platinum 5W-40, pihaknya memiliki harapan besar untuk kolaborasi kedepannya.

Pria yang saat ini menjabat sebagai After Sales Manager BMW Motorrad Indonesia mengeklaim selama perjalanan merasakan performa mesin optimal, aman, suhu mesin tetap stabil dan ‘zero’ kendala berarti.

“Kami percaya produk pelumas ini dapat memberikan perlindungan terbaik bagi mesin-mesin motor BMW Motorrad,” pungkas Johan.

Dalam waktu dekat, Pertamina Enduro 5W-40 akan diuji kembali dengan menggunakan motor BMW pada kondisi dan jarak tempuh lebih jauh dan ekstrem lagi. [dpid/TH]

Previous articleWuling Tampil ‘All Out’ Produk Listrik Andalan di JFK 2024
Next articleTeknologi Honda EM1 e: Bikin ‘Kepo’ Siswa SMK Binaan Wahana