Geliat Pasar Tumbuh, Penjualan Suzuki Naik 9 Persen

DAPURPACUID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil melewati semester I 2024 dan memasuki periode Juli dengan lonjakan penjualan ritel dikedua segmen kendaraannya.

Sepanjang Juli lalu, Suzuki mampu meningkatkan distribusi unit ke konsumen sebesar 9 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Baik pasar passenger maupun commercial car sama-sama mengalami eskalasi sebesar 8% dan 11% dibandingkan Juni 2024.

Menariknya, persentase penambahan penjualan retail tertinggi didapatkan dari Baleno, kemudian diikuti oleh New XL7, serta model-model lainnya.

Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS, mengakui kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dari konsumen dan masyarakat, seperti kebutuhan serta tingkat kepercayaan mereka.

“Pertengahan tahun seperti ini biasanya dipenuhi berbagai aktivitas serta mobilitas perkotaan layaknya bekerja, menjalankan usaha, ataupun mengantar sekolah,” tambah Randy.

Randy memaparkan bahwa perusahaan menyadari Baleno menjadi jawaban paling tepat bagi kalangan aktif ini dengan tingginya value yang bisa dimiliki secara lebih terjangkau.

Baca juga:  Booth Suzuki Hadirkan Keseruan Bersama Keluarga di GJAW 2024

Di sisi lain, lanjut dia, masyarakat urban terlihat semakin condong kepada model-model hybrid, yang dibuktikan kontribusi sebesar 43% di antara seluruh penjualan mobil penumpang Suzuki selama Juli 2024.

Berbekal mesin 1.500 cc dengan desain stylish hatchback, Baleno mampu membukukan peningkatan retail sales sebesar 40 persen, sekaligus berhasil mendominasi kompetisi di segmen tersebut.

Lalu New XL7 turut menciptakan 20 persen kenaikan, dimana mayoritas 65 persennya dihasilkan dari varian hybrid. Kemudian ada Grand Vitara (14%) dan S-Presso sebesar 13 persen.

Pencapaian positif dari produk-produk di atas tersebut merupakan bukti tingginya minat masyarakat kepada model-model kendaraan kompak Suzuki. Seluruh capaian positif ini disandingkan dengan bulan sebelumnya.

Secara akumulatif, penjualan produk Suzuki untuk kategori hybrid terangkat 18% dengan pertumbuhan terbesar pada New XL7 Hybrid yaitu 32%, serta Grand Vitara sebanyak 14%.

Kepercayaan pelanggan terhadap teknologi rendah emisi dan praktis ditunjang oleh tersedianya garansi baterai lithium-ion sepanjang 8 tahun.

Baca juga:  Suzuki Tebar Promo Pembelian di GJAW 2024, Banyak Untungnya!

Beralih ke komersial, Carry terus memberikan kontribusi positif bagi Suzuki dengan mencatatkan pertumbuhan 11 persen. Hal ini diyakini tingkat kepercayaan para pelaku bisnis pada pikap tersebut.

Termasuk penyebaran hampir 300 jaringan outlet dengan lebih dari 200 Bengkel Resmi hingga ke pelosok, yang memberi ketenangan bagi pemilik unit operasional dimanapun dan kapan saja.

Atas dasar inilah, Randy mengatakan bahwa ditemukan beragam alasan dari pelanggan mengapa mereka akhirnya membeli Suzuki. Jawaban paling dominan saat ini, pentingnya memiliki mobil efisien dan terasa kualitasnya ketika dikemudikan setiap hari.

“Dengan begitu, kendaraan dipersepsikan menjadi solusi mobilitas yang bermanfaat, bahkan meringankan kesibukan pemiliknya,” tutup Randy. [dpid/TH]

Previous articleRoRI Resmikan Chapter Baru di Kalimantan Selatan
Next articleGIIAS Surabaya 2024 Resmi Dimulai, Banyak Model Baru Muncul