Huawei Masuk Industri Otomotif, Bikin Mobil Makin Pintar | dapurpacu.id

Huawei Masuk Industri Otomotif, Bikin Mobil Makin Pintar


PARIS (DP) – PSA, pabrikan mobil asal Perancis, menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi asal China, Huawei, untuk menanamkan beragam fitur agar mobil terkoneksi layanan digital.

Melalui kesepakatan kerjasama itu, Huawei menyumbangkan platform OceanConnect IoT, yang akan disandingkan dengan platform milik PSA, yakni Connected Vehicle Modular Platform (CVMP). teknologi tersebut nantinya untuk tahap awal akan disematkan pada model DS 7 Crossback.

Apabila DS 7 Crossback telah disematkan CVMP, para pengguna kendaraan itu dapat mengakses beragam layanan, seperti navigasi, pengenal bahasa melalui suara dan connected service portal via layar infotainment di dashboard. Layanan lain yang bisa diakses pengguna mobil adalah status perawatan kendaraan, plus riwayat mengenai gaya mengemudi dan rute perjalanan yang pernah dilalui.

Menurut PSA melalui keterangan tertulisnya, layanan baru yang ditujukan bagi konsumen pribadi dan para manajer armada kendaraan itu meliputi layanan fitur infotainment, pembaruan software, pemetaan navigasi, personal assistant, dan juga beragam fungsi diagnostik dan perawatan kendaraan.

Huawei sendiri menciptakan platform OceanConnect IoT adalah ditujukan untuk mobil terkoneksi Internet, rumah pintar dan kota pintar. Seluruh interaksi digital antara mobil dengan teknologi awan (cloud) diklaim aman, karena baik data konsumen dan kendaraan sudah dienkripsi. Platform ini akan digunakan untuk semua model kendaraan yang berada di payung grup otomotif Negeri Anggur itu.

“Dengan mengembangkan platform baru milik Huawei yang menghubungkan kendaraan dengan Internet Of Things, Groupe PSA telah memperkaya layanan yang ditawarkan seraya membuat mobilitas menjadi lebih mudah. Bersama Huawei, yang kita sudah tahu kapasitas inovasinya, kami dengan senang hati memperkenalkan kemitraan pertama kami demi memberikan pengalaman baru bagi konsumen melalui CVMP. DS 7 CROSSBACK adalah model kendaraan pertama yang memanfaatkan hasil kemitraan kami, yang nantinya akan dimanfaatkan juga oleh seluruh model kendaraan di grup kami,” sebut eksekutif PSA, Jean Leflour.

Selain dilengkapi beragam fitur terkoneksi, DS 7 Crossback juga disisipkan sejumlah teknologi untuk memudahkan tugas pengemudi (driving assistance technologies). [dp/TGH]