Amazing! Kakek Usia 90 Tahun Ini Masih Membalap di NASCAR


DAYTONA (DP) – Ajang balap mobil NASCAR seri K&N Pro Series West di Sirkuit Tucson Speedway, Arizona, akhir pekan lalu diwarnai penampilan pebalap uzur berusia 90, Hershel McGriff.

Keunikan dalam balapan legendaris tak hanya karena kemunculan kembali McGriff, tapi juga tim mekanik yang mendampinginya yang notabene adalah anak laki-laki McGriff yang berusia 61 tahun.

Menggeber Toyota berlabur livery Bill McAnally Racing, McGriff secara resmi dinobatkan sebagai pebalap tertua yang berkompetisi di NASCAR dan nyaris menuntaskan balapan, karena ia hanya menyelesaikan 94 dari 100 lap.

Tapi tetap saja McGriff menjadi bintang dalam seri balap tersebut. Apalagi saat akan memulai balapan, kakek uzur itu juga sempat memainkan trombone.

Menurut ESPN, McGriff finish di posisi ke-18 pada balapan pertama di Tucson. Tak heran jika performa McGriff di usianya yang tak lagi muda ini lumayan, karena ia dulu pernah tampil gemilang di ajang yang sama di era 1950-an.

Baca juga:  ATC Motegi, Balapan Paling 'Berkesan' Bagi Lucky Hendriansya

Debut pertamanya di balapan ini terjadi pada 1945, tak lama setelah dibuka lagi setelah Perang Dunia II. McGriff memenangi ajang Carrera Panamericana pertama pada 1950.

Secara resmi McGriff menyatakan pensiun dari dunia balap ketika memasuki usia 74 tahun. Saat itu, McGriff sudah menjuarai kompetisi Grand National – saat ini bernama NASCAR Cup Series – sebanyak empat kali dan NASCAR K&N Pro Series West pada 1986.

McGriff masuk ke dalam kelas pertama West Coast Stock Car Hall of Fame pada 2002 dan juga dalam Motorsports Hall of Fame of America.

“Saya sudah memiliki kehidupan hebat. Saya tidak akan mundur untuk sesuatu apapun. Saya memiliki keluarga yang selalu mendukung karier saya. Ini sesuatu yang hebat,” ucapnya.

National Association for Stock Car Auto Racing yang juga disingkat NASCAR adalah sebuah perusahaan keluarga yang didirikan sejak 1947-48 oleh Bill France, dan perusahaan ini telah menyelenggarakan berbagai macam balapan. Kini sang cucu, Brian France, menjadi penyelenggara seri balap mobil terbesar di Amerika Serikat tersebut. Tiga seri balapan yang mewakilinya adalah Seri Piala, Seri Xfinity, dan Seri Truk.

Baca juga:  Gelaran MotoGP 2019 Bisa Jadi Milik Marquez dan Lorenzo

Selain menyelenggarakan balapan di Amerika Serikat, Nascar juga telah merambah ke negara sekitarnya seperti Kanada, Meksiko dan bahkan Eropa. Di Asia, NASCAR juga menempatkan balapannya di Suzuka dan Motegi di Jepang. Di benua Australia, NASCAR diselenggarakan di Calder Park Raceway.

NASCAR mencatatkan dirinya sebagai olahraga yang paling banyak ditonton di televisi di Amerika Serikat selain olahraga sepakbola ala Amerika (National Football League). Di luar Amerika NASCAR disiarkan hingga 150 negara.

Yang menjadi keunikan dari balap NASCAR adalah, pebalap diperbolehkan membeli mobil mereka sendiri dari perusahaan NASCAR. Perusahaan NASCAR akan memberikan mobil balap untuk para pebalap sesuai dengan permintaan mereka. [dp/TGH]