Masuk Batang, Pemudik Dibagi Dua Jalur | dapurpacu.id

Masuk Batang, Pemudik Dibagi Dua Jalur


CIREBON (DP) – Dengan diprediksinya arus balik Lebaran nanti, yang bakal terjadi pada esok hari, Selasa dan Rabu, serta 24 Juni, berbagai langkah antisipasi mengurai kemacetan mulai disiagakan pihak Kepolisian Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Salah satu yang difokuskan adalah naiknya volume arus balik di jalur tol fungsional. Sebagai langkah skenarionya petugas kepolisian akhirnya memecah arus kendaraan saat masuk Kabupaten Batang.

Sebagian diarahkan ke jalur nasional, yang masuk tol fungsional kembali melalui pintu masuk Kandeman. Sebagian lagi tetap diarahkan ke jalur tol fungsional, dengan melintasi Jembatan Kalikuto Gringsing.

“Jembatan Kalikuto (penghubung Kendal-Batang), hanya bisa satu jalur. Arus kendaraan dipecah yang mau masuk wilayah Batang, ke jalur tol fungsional dan jalur nasional,” kata Kasatlantas Polres Batang, AKP M. Adiel Ariesto di pintu masuk Tol Kandeman, Senin (18/6).

Menurut Adiel, skenario tersebut, dilakukan untuk mengurangi antrean kendaraan saat masuk di Jembatan Kalikuto yang hanya bisa difungsikan satu jalur.

Kendaraan yang melalui jalur nasional atau Pantura sendiri, akan kembali dimasukan ke jalur tol fungsional melalui pintu masuk Kandeman (semula pintu keluar Kandeman).

Ia memperkirakan hingga Senin sekitar pukul 09.50 WIB ini, kendaraan yang masuk ke tol fungsional melalui pintu masuk Kandeman sekitar 20-25 kendaraan yang menuju ke arah Jakarta.

Sementara itu, kondisi lalulintas di jalur Pantura sendiri terjadi perlambatan saat akan memasuki pintu masuk tol fungsional Kandeman.

“Untuk skenario pemecahan kendaraan yang masuk ke Batang (tol fungsional dan jalan pantura), akan diberlakukan sampai tanggal 24 juni,” pungkas Adiel. [dp/MTH]