Suzuki Burgman Street, Rival Sepadan Yamaha Lexi


NEW DELHI (DP) – Suzuki Burgman Street akan menjadi ‘senjata’ baru bagi Suzuki untuk bersaing di segmen skuter matik 125cc. Bahkan di India, skutik ini sudah bisa dipesan.

Suzuki Burgman Street pertama kali diperkenalkan ke publik saat gelaran Auto Expo 2018 di India pada Februari lalu.

Skutik ini menjadi anggota terkecil dalam keluarga Burgman yang terinspirasi dari model Burgman yang lebih bongsor. Untuk fiturnya meliputi lampu utama LED, wind deflector, instrumen digital dan velg alloy.

Secara dimensi, Suzuki Burgman Street memiliki panjang 1,88 meter, lebar 661 mm dan tinggi 1.163 mm. Untuk mesinnya sama dengan yang dipakai Suzuki Access 125. Mesin ini berkapasitas 124,3 cc satu silinder berpendingin udara, yang dipadukan dengan CVT. Dengan mesin yang sama dengan Access, maka tenaga yang dihasilkan juga sama, yakni 8,7 PS pada 7.000 rpm dan torsi 10,2 Nm pada 5.000 rpm.

Baca juga:  Valentino Rossi Jatuh, Marquez Pun Juara di Sepang

Suspensi depan dari skutik pesaing Yamaha Lexi ini adalah teleskopik dan belakang hidrolik. Sistem pengereman menggunakan cakram di depan dan tromol untuk roda belakang. Selain itu juga didukung dengan Combination Braking System. Untuk ban depan menggunakan ukuran 90/90 – 12 54J dan 90/100 – 10 54J untuk ban belakang, yang semuanya jenis ban tubeless.

Di Negeri Bollywood, Suzuki Burgman Street akan resmi diluncurkan pada Juli. Belum diketahui apakah skutik ini juga akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Ada baiknya kita tunggu kabar dari Suzuki Indomobil Sales. Di Tanah Air, SIS baru saja meluncurkan skutik Nex II yang juga berkapasitas mesin 125cc. [dp/TGH]