Honda Civic Type R Facelift Akomodasi 2 Jenis Konsumen Berbeda


BERLIN (DP) – Setelah sekitar satu setengah tahun diluncurkan, hot hatchback Honda Civic Type R sudah mengalami facelift pertamanya. Untuk ubahan kali ini, ada dua varian yang ditawarkan Honda untuk model pemecah rekor kecepatan di berbagai sirkuit ini.

Sekilas, Civic Type R yang masih dalam versi prototipe ini seperti tidak ada yang berbeda dengan versi lawasnya. Tapi jika dilihat lebih teliti lagi, terutama pada bagian belakangnya, Anda akan melihat ada yang berbeda pada ukuran sayapnya.

Ada dua prototipe Civic Type R yang diuji di Eropa, satu berkelir putih dan satu lagi merah, dan keduanya dilapisi stiker kamuflase pada beberapa bagian panel bodinya. Jika diteliti lebih dekat, versi facelift ini mengalami ubahan pada air intake dan beberapa panel pendongkrak gaya.

Melongok ke bagian buritan, prototipe Civic Type R yang berwarna putih memiliki desain bumper yang berbeda dengan model yang saat ini beredar. Bumper tersebut juga dilengkapi beberapa elemen horizontal yang selaras dengan ventilasi udara pada sisi depan. Sedangkan untuk prototipe merah, bagian belakangnya masih sama dengan versi lawas, tapi sayap belakangnya kini berukuran lebih kecil.

Baca juga:  Menyambut Everus, Si Honda HR-V Berteknologi Listrik

Ada kemungkinan Honda akan menawarkan dua versi berbeda untuk Civic Type R terbaru, yakni satu memiliki sayap lebih kecil untuk mengakomodasi konsumen yang tak ingin tampilan mobil terlalu bergaya balap, dan satu lagi dengan sayap besar untuk menegaskan statusnya sebagai ‘hot hatch’.

Bagaimana dengan kabinnya? Sepertinya interior Honda Civic Type R facelift ini tak terlalu berbeda dengan versi lama. Tetapi ada kemungkinan sistem infotainment akan mengalami pembaruan. Meski itu merupakan ubahan kecil, tapi setidaknya ini membuat Civic Type R akan mengikuti tren teknologi yang sudah dicangkokkan pada beberapa model teranyar Honda, seperti Insight dan Pilot facelift.

Untuk mesinnya belum banyak terungkap dari versi facelift Civic Type R ini. Untuk diketahui, model yang beredar sekarang mengusung mesin turbocharged 2.0 liter empat silinder bertenaga 306 hp (228 kW / 310 PS) dan torsi 295 lb-ft (400 Nm). Tenaga dan torsi itu disalurkan via transmisi manual 6 percepatan ke roda depan melalui limited slip differential.

Baca juga:  Uniknya Aksi Berbagi MINI Indonesia di Ramadhan 2019

Setelan ini terbukti ampuh membawa Civic Type R mencetak rekor kecepatan untuk mobil berpenggerak roda depan di sejumlah sirkuit di Eropa, yakni di Nürburgring, Spa-Francorchamps, Silverstone dan Circuit de Nevers Magny-Cours di Perancis. [dp/TGH]