Kejurnas Sprint Rally dan IXOR 2018 ‘Pisah Ranjang’

JAKARTA (DP) – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat resmi menggelontorkan jadwal terkini terkait pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally 2018 putaran ketiga. Ajang ini akan diundur dua pekan pasca penyelenggaraan Indonesia eXtreme Offroad Championship (IXOR) 2018 putaran satu, akhir pekan ini (28-29/7).

Usai dilakukan rapat koordinasi, terbitlah keputusan gelaran Kejurnas Sprint Rally 2018 seri tiga dihelat pada 11-12 Agustus mendatang di Sirkuit Paramount, Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Sebelumnya, kedua even ini direncanakan dilaksanakan secara bersamaan. Rifat Sungkar selaku Ketua Komisi Rally IMI Pusat mengatakan, “Setelah kami lakukan rapat koordinasi bersama, kami putuskan jika ajang Kejurnas Sprint Rally 2018 putaran ketiga tidak bersamaan dengan IXOR 2018 putaran satu.”

Pada putaran ketiga tersebut mendapat dukungan penuh dari Banteng Motorsport. Dimana sebagai salah satu tim rally dan offroad kawakan Tanah Air, juga menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) DKI Sprint Rally 2018 putaran kedua bertajuk ‘Merdeka Sprint Rally 2018’.

Ajang ini merupakan kelanjutan dari sprint rally yang digagas Banteng Motorsport pada Mei lalu. Bimo Pradikto, Ketua Penyelenggaran ‘Merdeka Sprint Rally 2018’ mengungkapkan bahwa kejuaraan ini digelar juga sekaligus menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73.

“Kami dari pihak Banteng Motorsport akan menggelar sebuah kejuaraan yang pastinya menarik untuk diikuti. Apalagi momennya berdekatan dengan HUT RI ke-73,” jelas Bimo.

Penambahan kelas baru bakal dipertandingkan pada ajang itu, yaitu untuk mobil pick up. Kendaraan yang boleh ikut harus berpenggerak roda dua belakang dengan kapasitas mesin bensin atau diesel. Baik single cabin atau double cabin boleh mengikuti kelas ini.

“Peserta yang punya mobil double cabin empat roda, boleh melepas kopel depannya sehingga mobil ini hanya akan berpenggerak dua roda. Peserta juga diwajibkan untuk menggunakan ban reli dan peraturan selengkapnya akan dijelaskan lebih lanjut di buku peraturan lengkap perlombaan,” lanjut Bimo.

Jadwal terbaru yang dikeluarkan IMI Pusat terkait jadwal Kejurnas Sprint Rally 2018 :

– Putaran 3 / 11-12 Agustus di Paramount, Gading Serpong
– Putaran 4 / 1-2 September di Serang, Banten
– Tentative 8-9 September
– Putaran 5 / 29-30 September di Serang, Banten bersamaan dengan IXOR
– Putaran 6 / 13-14 Oktober lokasi tentative bersamaan dengan IXOR
– Putaran 7 / 10-11 November di Medan, Sumatera Utara bersamaan dengan Kejurnas Rally putaran 3. [dp/MTH]

Previous articleMitsubishi Boyong Karnaval Rakyat ke Bekasi
Next articlePara Modifikator Lokal Makin Mendapatkan ‘Wadahnya’