GIIAS 2018 Resmi Dibuka Jokowi: Baru Kali Ini Saya Hadir Loh!


TANGERANG (DP) – Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi dibuka hari ini oleh Presiden RI Joko Widodo, Kamis (2/8), di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang.

Dalam laporannya, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan GIIAS 2018 menghadirkan berbagai macam produk kendaraan terbaru yang didukung oleh teknologi terkini dari industri otomotif dunia.

Tercatat, lebih dari 40 kendaraan terbaru dan juga kendaraan konsep bakal dipertontonkan selama perhelatan tersebut berlangsung. Selain kendaraan roda empat atau lebih, sepeda motor dan sepeda motor komersial juga akan meluncurkan 8 motor baru dan konsepnya pada hari pertama GIIAS 2018.

“Pertumbuhan industri otomotif nasional semester pertama 2018 mengalami pertumbuhan 3,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menjadi 554 ribu unit. Sementara proyeksi penjualan kita sepanjang tahun ini mencapai 1,1 juta unit,” ujar Nangoi.

Baca juga:  Dealer Mazda ke-29 Resmi Dibuka di Kawasan Bintaro Jaya

Selain itu, berdasarkan data yang dihimpun Gaikindo, ekspor kendaraan dalam bentuk utuhu (completely bulit-up/CBU) hingga Juni lalu mencapai 101 ribu unit. Jumlah ini terbilang turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Peraturan baru Vietnam terkait sektor ekspor cukup membuat kondisi tersebut terjadi. Padahal negara ini menjadi salah satu yang terpenting bagi sektor ekspor di Indonesia,” kata Nangoi lebih lanjut.

Disisi lain, Nangoi menambahkan melalui even ini industri otomotif Indonesia tengah berevolusi dan patut disejajarkan dengan perkembangan teknologi yang ada di dunia.

“Karena itulah Gaikindo menyambut baik kebijakan pemerintah untuk segera menerapkan Euro IV, yang mulai diaplikasikan dalam waktu secepatnya,” kata Nangoi lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Jokowi mengakui bahwa even tahunan yang digagas oleh Gaikindo dan didukung penuh para pelaku industri otomotif nasional ini bakal terus mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Baca juga:  Dealer Mazda ke-29 Resmi Dibuka di Kawasan Bintaro Jaya

“Even tahunan ini telah menunjukkan bahwa dunia otomotif di Indonesia terus berkembang mengikuti kemajuan teknologi global dari waktu ke waktu. Padahal baru kali ini saya datang ke GIIAS, banyak yang bilang begitu ke saya,” katanya yang disambut tertawa oleh undangan yang hadir.

Jokowi mengakui dari sekian banyak sektor, dirinya melihat sektor otomotif yang paling internasional, rantai produksinya mendunia, skala ekonomi brandingnya sudah global.

“Dengan demikian kita harus memperhatikan dan cermati perkembangan sektor otomotif dunia. Sebab negara maju sudah memulainya, kemudian masuk negara tetangga, dan sebentar lagi tinggal menunggu tren (perkembangan) itu masuk negara kita, jadi kita harus siap dengan kondisi-kondisi ini,” papar dia.

Pameran GIIAS 218 mulai dibuka untuk umum pada pukul 17.00 WIB. Berbagai program interaktif dan edukatif, dan fasilitas pameran yang nyaman menjamin hadirnya beragam ide dan inspirasi.

Baca juga:  Dealer Mazda ke-29 Resmi Dibuka di Kawasan Bintaro Jaya

Ditambah berbagai promo yang ditawarkan peserta pameran, menjadikan hari pertama GIIAS 2018 tidak boleh dilewatkan. [dp/MTH]