14 Tahun, Ekspor Suzuki APV Sentuh 200 Ribu Unit Lebih

Ekspor Suzuki APV mampu menembus angka 223.341 unit, sejak kali pertama dikapalkan pada 2004.

JAKARTA (DP) – Siap sangka, 14 tahun sudah Suzuki APV melakoni perannya sebagai kontributor terbesar sektor ekspor ke berbagai negara di dunia. Total 223.341 unit yang telah dikapalkan sejak pertama kali di ekspor pada 2004 silam.

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatat sebanyak 89 negara yang tersebar di kawasan Afrika, Asia, Timur Tengah, Oseania, Amerika Latin, dan Carribean, telah menjadi negara ‘langganan’ tujuan dari ekspor APV.

Kegiatan ekspor APV merupakan catatan positif bagi laju ekspor Suzuki di Indonesia. Untuk itulah PT SIM menargetkan tahun ini mampu mengekspor sebanyak 17.128 unit ke negara-negara tersebut.

Hady Surjono Halim, Department Head of Export Import PT SIM, mengaku bahwa APV adalah produk Suzuki dengan jumlah ekspor tertinggi. Hasil ini menjadi bukti bahwa karya anak bangsa makin diakui kualitasnya sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dunia.

Baca juga:  Keluarga Baru TAC Hadir di Ujung Timur Indonesia

Kedepannya kami akan terus mengembangkan pasar ekspor Suzuki APV untuk memenuhi kebutuhan negara lain akan kendaraan multifungsi,” ucap Hady, dalam keterangan resminya, Kamis (11/10) lalu.

PT SIS mencatatkan kontribusi penjualan yang baik dari konsumen fleet.

Selain ekspor, APV cukup diminati konsumen fleet untuk memenuhi beragam kebutuhan, diantaranya sebagai kendaraan operasional perusahaan, shuttle pariwisata, ambulance, mobil toko untuk beragam jenis usaha, angkutan kota, hingga dump truck kecil.

Untuk pasar lokal, hingga periode September 2018, Suzuki telah memasarkan sebanyak 3.428 unit APV khusus untuk pasar tersebut. Hasil itu berkontribusi 44% terhadap total penjualan fleet selama periode Januari-September 2018.

Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales mengakui, saat ini kebutuhan konsumen akan kendaraan yang multifungsi dan ekonomis terus meningkat, khususnya pada konsumen fleet.

“Suzuki APV identik dengan ruang kabin yang luas sehingga memberi kenyamanan saat berkendara serta didukung performa mesin yang tangguh. Semua keunggulan ini sesuai dengan beragam kebutuhan konsumen fleet,” pungkasnya. [dp/MTH]