Aksi Modifikator Andal Indonesia di IAM MBtech 2019


JAKARTA (DP) – Pameran modifikasi mobil terbesar se-Asia Tenggara, Indonesia Automodified (IAM) MBtech, segera memulai rangkaiannya di Indonesia, usai terlaksana International Automodified Bangkok yang digelar 15-17 Februari lalu.

PT HIN Promosindo, selaku pihak penyelenggara even modifikasi terakbar di ASEAN ini, mengaku selama kurun waktu dua tahun ini semakin luas dan tidak hanya digelar di Indonesia saja.

“Dalam perjalanan 19 tahun, penyelenggaraan lebih dari 350 pameran mobil modifikasi serta barang dan jasa aftermarket pendukungnya, Indonesia Automodified semakin meluas melalui digelarnya International Automodified di Indonesia, Thailand, dan Malaysia,” ujar CEO HIN, Reza Aliwarga, disela-sela temu media, Selasa (12/3).

Kembali mendapat dukungan penuh dari MBtech, para modifikator Tanah Air seperti memperoleh ‘area bermain’ yang tepat guna menyalurkan ide dan inovasi dalam modifikasi kendaraan.

HIN Promosindo menyiapkan 150 penghargaan bagi para pencetus inovasi memodifikasi tunggangan roda empat dalam berbagai aliran, dan seluruhnya merupakan bentuk apresiasi bagi modifiaktor.

Baca juga:  DDC 2018 Sukses Merangkul 366 Unit Modifikasi Daihatsu

Penghargaan tersebut diantaranya stance/fitment, street racing, racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, classic, retro, exotics, performance, hingga extreme.

“Penilaian didasari kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 8 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio&Video, serta Presentation,” tambah Reza.

Tahun ini, sebagian besar penghargaan utama termasuk gelar King of Automodified, akan dibagi dalam kelas Players dan Tuners. Kelas Players dimaksudkan bagi mobil-mobil yang dimodifikasi lebih ekstensif dan mayoritas diperuntukkan untuk dipertandingkan dalam kompetisi mobil modifikasi daripada digunakan harian.

Di kelas ini, tak ada batasan terhadap sektor mana yang boleh dimodifikasi kecuali pada batasan yang terdapat dalam peraturan umum IAM MBtech di tahun ini, seperti tidak diperbolehkannya untuk melakukan perubahan pada jumlah maupun jarak sumbu roda.

Sedangkan di kelas Tuners ditujukan bagi mobil-mobil dengan modifikasi non-ekstrim dan masih terbilang fungsional digunakan harian. Di kelas ini, terdapat beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilewati bila kompetitor bermaksud untuk berkompetisi di kelas ini.

Baca juga:  Petinggi Suzuki Ini Ikut 'Berdansa' di Atas GSX150 Bandit

Diantaranya tidak diperbolehkannya mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar-pilar struktur pada mobil, modifikasi pada bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan sistem motorized.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). ELITE point bersifat akumulatif dari 14 seri penyelenggaraan IAM MBtech di Indonesia.

IAM MBtech di tahun ini juga akan kembali menghadirkan kompetisi audio mobil HINSound&Style, yang akan mengkompetisikan sejumlah kelas yakni SQ (In Car Entertainment), SQL (Outdoor Entertainment), Internal SPL, dan External SPL.

Disamping kompetisi-kompetisi utama tersebut, berbagai program lain yang diselenggarakan setiap tahunnya juga akan kembali hadir, seperti HINGirlfriends & Miss HIN Search, HIN Dance Music Festival (HDMF), IAM DJ Hunt, serta Photography Competition.

Berikut jadwal lengkap penyelenggaraan IAM Mbtech di Indonesia, dan negara lainnya:

1. International Automodified Bangkok, 15-17 Februari, Future Park Rangsitâ
2. Surabaya, 23-24 Maret, Tunjungan Plaza
3. Jogjakarta, 30-31 Maret, Sleman City Hall
4. Balikpapan, 6-7 April, Balikpapan Ocean Square
5. International Automodified at Malaysia Autoshow 2019, Kuala Lumpur, 11-14 April, MAEPS Serdang Hall C
6. IAM IIMS Jakarta, 25 April-5 Mei, JIExpo Kemayoran
7. IAM IIMS Makassar, 1-5 Mei, Celebes Convention Center
8. Bali, 22-23 Juni
9. Kota Batu, 29-30 Juni, Museum Angkut
10. Batam, 27-28 Juli, Mall Botania 2
11. Medan, 3-4 Agustus, MICC
12. Banjarmasin, 7-8 September, Duta Mall
13. Bandung, 21-22 September, Graha Manggala Siliwangi
14. Palembang, 28-29 September, Jakabarin Sport City
15. Semarang, 5-6 Oktober, Majesty Convention Hall
16. Jakarta, 23-24 November, Ecovention Ancol