Fabio Quartararo Raih Pole Keduanya di Catalunya


CATALUNYA (DP) – Kepiawaian Fabio Quartararo benar-benar ditunjukkan di tanah kelahiran para pebalap Spanyol pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (15/6). Rookie asal Perancis ini mampu merebut pole dari Marc Marquez yang harus puas di posisi kedua, dan Maverick Vinales di tempat ketiga.

Pencapaian ini menjadi yang kedua bagi Quartararo pada musim balap 2019. Ambisi El Diablo memang sudah terlihat begitu kualifikasi kedua dimulai. Bersama Vinales, keduanya saling mengejar waktu tercepat menggapai torehan 1 menit 40 detik.

Akhirnya, The Baby Alien lah yang pertama berhasil meraih waktu tersebut, namun tak berselang lama langsung direbut kembali oleh Quartararo dan rekan setimnya di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, dengan waktu 1 menit 39,898 detik.

Aksi Morbidelli pun tak bisa dianggap enteng. Dirinya pun mampu mengisi tempat teratas setelah mengukir waktu 1 menit 39,711 detik. Namun perolehan ini masih kalah oleh Jorge Lorenzo pada musim lalu.

Baca juga:  Kesabaran Berbuah Kemenangan Bagi Marquez

Saat masih bersama tim pabrikan Ducati, X-Fuerra berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 38,680 detik, dan belum terpecahkan hingga saat ini.

Keberuntungan tak hinggap di kubu Danilo Petrucci maupun Alex Rins. Untuk Petrucci, usai merebut tempat ketiga dengan torehan waktu lebih lambat 0,133 detik, dirinya terjatuh di Tikungan ke 5.

Di pertengahan waktu kualifikasi, secara berurutan posisi 4 – 6 dihuni oleh Rins, Marquez dan Valentino Rossi. Sayangnya, di dua menit tersisa, Rins terjatuh di Tikungan 10 dan Vinales terus memperlihatkan keperkasaannya dengan merebut posisi pertama.

Namun kondisi ini hanya sesaat dinikmatinya. Posisi tersebut kembali direbut El Diablo dengan selisih waktu 0,226 detik. Dan akhirnya, Marquez berhasil mengisi urutan kedua dengan torehan waktu tipis 0,015 detik.

Morbidelli, Rossi, dan Andrea Dovizioso berada di baris kedua untuk pertarungan seri ketujuh, Minggu (16/6), sementara pebalap KTM Red Bull, Pol Espargaró, menutup 12 besar di bawah Joan Mir.

Baca juga:  Pencapaian Vinales di Tengah Drama Rossi dan Marquez

Sebagai informasi, Quartarararo juga punya peluang terakhir untuk menumbangkan rekor pemenang MotoGP termuda esok hari, setelah selama ini masih dipegang oleh Marquez.

Sejatinya, Quaratararo telah meraih gelar peraih pole termuda sejak MotoGP Jerez. [dp/MTH]