Mitsubishi Triton Superior di Area Kaltim


BALIKPAPAN (DP) – Provinsi Kalimantan Timur memang menjadi wilayah yang identik dengan industri minyak, gas, dan perkebunan kelapa sawit. Dengan kekuatan ini menjadi lumbung terbesar bagi pabrikan mobil untuk meniagakan kendaraan-kendaraan niaganya.

Tak terkecuali untuk Mitsubishi dengan Triton dan Pajero Sport-nya. Selama ini, keduanya terbilang cukup piawai dalam hal penjualan di area itu. Hal ini dibuktikan dengan pencapaiannya untuk periode Januar – April 2019 khusus pasar light commercial vehicle (LCV).

Ilham Iranda Syahputra, Head of Sales & Marketing Region III Department Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia, menyebutkan selama periode itu, penjualan Triton berhasil menguasai pangsa pasar untuk kendaraan niaga ringan.

“Triton mampu menguasai pasar LCV di Kaltim dengan penguasaan 82%. Dari persentasi itu rata-rata Triton terjual sebanyak 265-270 unit per bulan,” terang Ilham, disela peresmian fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat di dealer Mitsubishi Mandau Berlian Motors, Selasa (18/6) lalu.

Ilham menuturkan bahwa konsumen Triton di wilayah Kalimantan Timur didominasi fleet yang bergerak di bidang pertambangan dan perkebunan. Atas dasar inilah, penjualan Triton tergolong apik dibandingkan pabrikan lainnya.

Selain Triton, lanjut Ilham, penjualan Pajero Sport pun tak kalah menggembirakan di wilayah itu. Selama empat bulan 2019, SUV andalan pabrikan berlambang tiga berlian ini menguasai 53% segmen SUV.

“Rata-rata penjualan Pajero Sport tercapai 25 unit per bulan sepanjang tahun ini. Karakter wilayah memang menjadi penentunya. Bila dielaborasi lagi, mungkin bisa 50-50 dengan varian Dakar 4×4,” jelas Ilham.

Mitsubishi juga tersenyum melihat penjualan L300, di mana pada periode Januari – April 2019 mampu terjual direntang 52 – 55 unit per bulan, dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 70%.

Nasib tak sama dialami oleh Xpander yang mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2018. Tahun lalu, small MPV ini dapat diniagakan rata-rata 67-70 unit per bulan.

“Di 2018, rata-rata penjualan Xpander berada di 67-70 unit per bulan dengan penguasaan 32%. Hingga April 2019, terjadi sedikit penurunan jadi 65 unit dengan 21%,” kata Ilham.

“Ini (hitungan) kan untuk data empat bulan, dan belum tuntas sampai Mei yah. Harusnya sampai enam bulan untuk melihat jumlah penjualan Xpander di sini (Kaltim). Yakin tetap baik seperti tahun sebelumnya,” pungkasnya. [dp/MTH]