Vinales Persembahkan Podium Pertama Buat Yamaha


ASSEN (DP) – Maverick Vinales akhirnya berhasil mempersembahkan podium utama bagi Yamaha di Sirkuit TT Assen, Belanda, Minggu (30/6). Di hadapan sekitar 90.000 penonton, Vinales mampu bermain apik menumbangkan Marc Marquez dan Fabio Quartararo sebagai pemegang pole position.

Ambisi Top Gun untuk bisa memboyong kemenangan nampak jelas di depan mata kala dirinya merajai sesi warm up sebelum seluruh laga di MotoGP Belanda berlangsung.

Sementara Marquez yang mengisi podium kedua, mempersembahkan kemenangannya tersebut untuk 60 tahun kiprah Honda di dunia balap.

Selepas start, duo Suzuki Ecstar Alex Rins dan rookie Joan Mir langsung memimpin jalannya balapan, sementara Quartararo membuntuti di belakang keduanya, disusul Vinales, Marquez, Danilo Petrucci, dan Andrea Doviziosi.

Sayang, kelihaian Rins harus pupus pada Lap 3 usai dirinya tersungkur di Tikungan 9. Quartararo pun mengambil alih jalannya balapan dengan Marquez-Vinales membayangi di belakangnya.

Baca juga:  Pencapaian Vinales di Tengah Drama Rossi dan Marquez

Balapan siang hari waktu setempat diwarnai kecelakaan serius yang dialami Takaaki Nakagami dan Valentino Rossi pada Lap 5, yang membuat keduanya menjadi pebalap berikutnya yang harus beristirahat.

Kembali ke balapan, terus mendapat tekanan dari duo Spaniard, Quartararo mampu menjaga ritme balapnya. El Diablo terus memimpin hingga jelang berakhirnya balapan, membelakangi Vinales dan Marquez, diikuti duo Ducati dan Cal Crutchlow pada rombongan kedua.

Duet Yamaha kali ini memang membuat repot Marquez. Aksi kejar-mengejar antara ketiga berakhir gap waktu dengan rombongan kedua 1,654 detik yang ‘dinakhodai’ Dovi, Petrucci dan Mir yang melorot di Lap 14.

On fire! Begitulah gambaran dari penampilan Vinales kali ini. Sempat beberapa kali melebar di tikungan dan diambil alih posisinya oleh Marquez, dirinya langsung kembali mengejar ke barisan terdepan mengejar podium.

Akhirnya, pertahanan Quartararo harus runtuh pada Lap 16, saat Vinales mulai menunjukkan tajinya. Pun demikian, Marquez belum ingin menyerah terlalu dini.

Baca juga:  Vinales: Bukan yang Tercepat, Fokus Saya Mencari Setingan Terbaik

Duel Spaniard, yang begitu dinanti-nantikan sejak 2017 terwujud. Saling tempel-menempel, bahkan Marquez sempat menyalip Vinales pada sembilan lap tersisa, meski lalu sang rival membalasnya.

Lima lap terakhir, Vinales mulai menciptakan jarak. Marquez berupaya memangkas, tetapi ia akhirnya memilih untuk mengamankan podium kedua. Top Gun pun tak terbendung.

Kemenangan di Assen menjadi yang pertama bagi Vinales, sekaligus perdana bagi Yamaha sejak Phillip Island 2018. Saat itu pula podium tertinggi juga dipersembahkan oleh Vinales.

Quartararo kembali mempersembahkan podium untuk tim Petronas Yamaha, melanjutkan raihan mengesankan dirinya di Catalunya. Disusul Dovizioso finis keempat setelah mengalahkan Franco Morbidelli dan rekan setim Petrucci.

Crutchlow finis ketujuh, diikuti Joan Mir pada posisi kedelapan. Sedangkan urutan kesembilan ditempati Jack Miller, dengan Andrea Iannone akhirnya masuk 10 besar. [dp/MTH]