Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?


DAPURPACU – Sebuah pengumuman mengejutkan dibuat oleh pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, yang menyatakan pensiun dari balap motor yang telah membesarkan namanya.

Setelah menjalani musim debut yang mengecewakan bersama Repsol Honda, juara dunia tiga kali MotoGP asal Spanyol itu terpaksa meninggalkan balap motor kelas premier tersebut dan seri MotoGP di Valencia akan menjadi balapan terakhirnya.

Grand Prix Valencia sendiri akan dihelat akhir pekan ini dan merupakan seri terakhir MotoGP musim 2019.

Lorenzo menyebut konferensi pers yang digelar di Circuit Ricardo Tormo pada Kamis (14/11) itu merupakan konferensi pers ‘pengecualian’. Di hadapan para petinggi Dorna, tim Repsol Honda serta para pebalap lain, Lorenzo mengucapkan salam perpisahan yang emosional, tapi pebalap berusia 32 tahun itu cukup tenang.

Sejak hijrah dari Ducati ke Honda musim ini, Lorenzo tampil di bawah performa terbaik akibat didera cedera punggung setelah mengalami kecelakaan pada sesi latihan di beberapa seri lalu. Meski bisa kembali memacu tunggangannya setelah sempat absen beberapa seri, tapi mantan rekan setim Valentino Rossi di Yamaha itu tampil kurang gereget. Saat ini Lorenzo berada di peringkat ke-19 di klasemen pebalap dengan hanya mengemas 25 poin.

Sejatinya Lorenzo masih memiliki sisa kontrak satu tahun dengan Honda, tapi kondisinya yang tak memungkinkan tampil kompetitif, memaksanya mengambil keputusan untuk cabut dari MotoGP.

Foto: MotoGP

“Saya selalu berpikir bahwa ada empat hari penting dalam hidup seorang pebalap, yaitu balapan pertama, kemenangan pertama, merebut juara dunia pertama dan hari ketika Anda pensiun,” ucapnya.

“Saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP dan setelah balapan ini saya akan pensiun sebagai pebalap profesional,” kata Lorenzo, yang sempat beberapa kali menahan tangis.

Cedera tulang punggung diderita Lorenzo kala menjalani sesi latihan di Dutch TT pada Juni, dan mengalami kecelakaan di Grand Prix Catalunya, kemudian juga jatuh selama menjalani tes di Barcelona pasca balapan seri Catalunya berakhir.

Lorenzo merebut juara dunia dua kali di kelas 250cc sebelum naik ke kelas utama bersama Yamaha dan menjadi juara dunia pada 2010, 2012 dan 2015 dengan menunggang Yamaha.

Sementara itu, rekan setim Lorenzo di Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku terkejut dengan keputusan kompatriotnya itu.

“Keputusannya untuk pensiun mengejutkan, bahkan bagi rekan setimnya sendiri, karena kami di tim tidak tahu sama sekali,” ungkap juara dunia MotoGP 2019 itu.

“Dia adalah juara sejati, ketika dia merasa tidak bisa di level puncak, dia memutuskan untuk berhenti, dan ini menunjukkan kekuatan karakternya baik di dalam dan di luar lintasan balap,” puji Marquez.

Lain lagi komentar Rossi, yang menyanjung eks rekannya itu sebagai salah satu pebalap MotoGP terhebat di era modern.

“Kita kehilangan bagian paling penting dari olahraga ini, seorang juara yang hebat,” kata peraih juara dunia MotoGP tujuh kali itu.

Terima kasih Jorge Lorenzo! [dp/TGH]