Resmi Dioperasikan, Jalan Tol Samboja Tetap Berbayar | dapurpacu.id

Resmi Dioperasikan, Jalan Tol Samboja Tetap Berbayar


DAPURPACU – Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Samboja-Samarinda resmi dioperasikan dan langsung dapat difungsikan para pengguna kendaraan mulai Kamis (19/12) kemarin.

Ruas jalan tol sepanjang 58,7 km ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, pengguna kendaraan dapat mengaksesnya melalui dua gerbang tol (GT) yaitu GT Samboja dan GT Palaran.

“Jalan tol pertama di Kalimantan ini resmi dibuka untuk pengguna jalan dan masih dioperasikan tanpa tarif,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS), S.T.H Saragi, dalam siaran resminya.

Saragi juga mengimbau kepada masyarakat, walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dan kecukupan saldonya sebelum memasuki GT.

“Pengguna jalan wajib membawa uang elektronik karena walaupun dapat mengakses jalan tol tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol,” tambahnya.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak). Untuk itu, Saragi menegaskan pentingnya penggunaan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

“Uang elektronik yang digunakan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit),” tambahnya.

“Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan, sedangkan di gardu keluar akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” jelas Saragi.

Saragih menambahkan jika mengalami gangguan perjalanan atau keadaan darurat lainnya, pengguna jalan dapat mengakses Call Center Jasa Marga 14080 atau Call Center PT JBS untuk Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di nomor 0811 599 0800. [dp/MTH]