Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong Persingkat Waktu Pengendara ke Tangerang | dapurpacu.id

Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong Persingkat Waktu Pengendara ke Tangerang


DAPURPACU – Sejak 20 Desember lalu, Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong resmi bertarif, usai melalui masa sosialisasi pada 7 – 19 Desember 2019 pengendara dapat melewati ruas jalan sejauh 11,135 km itu secara gratis.

Lalu, berapa besaran tarif yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)? Untuk JC Kunciran – SS Parigi dan SS Parigi – JC Kunciran, Gol. I sebesar Rp12.000 hingga Rp24.000 untuk Gol. V.

Sedangkan pada JC Serpong – SS Parigi dan SS Parigi – JC Serpong, tarif yang ditetapkan untuk Gol. I sebesar Rp8.000 hingga Rp15.500 untuk Gol. V.

Selain itu, jalan tol ini terintegasi dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang serta Jalan Tol BSD, sehingga pengguna jalan juga akan dikenai tarif tol ruas-ruas tersebut.

Ahli Tata Kota Yayat Supriatna menyampaikan, dengan dioperasikannya Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong diyakini banyak memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Terutama menambah aksesbilitas masyarakat yang dikompensasikan dengan besarnya tarif yang dibayarkan,” tambah Yayat.

Di sisi lain, Pengamat Transportasi Ellen Tangkudung menuturkan bahwa tarif merupakan bagian dari tol secara keseluruhan. Dikarenakan Jalan Tol Kunciran-Serpong belum tersambung dengan Jalan Tol JORR II yang lain, mungkin akan terasa mahal.

“Namun jika dilihat dari waktu perjalanan menggunakan Jalan Tol JORR yang terdapat beberapa titik kemacetan, maka ruas tol ini menjadikan waktu perjalanan lebih cepat. Selain itu perlu diketahui juga bahwa Jalan Tol Kunciran-Serpong merupakan akses toll to toll,” imbuhnya.

Keberadaan jalan tol ini memudahkan pengguna jalan yang hendak ke BSD sekitar Villa Melati Mas, Binus School Serpong, Bintaro Sektor 7, Graha Raya Bintaro, RSPI Bintaro, dan Alam Sutera.

Jalan Tol ini juga berfungsi sebagai jalan alternatif para komuter yang akan menuju dan dari Jakarta dan area Serpong, Bintaro, Pamulang, Ciputat untuk menghindari kemacetan di sekitar JORR I dan jaringan sekelilingnya seperti W1, W2, dan tol Ulujami.

Selain itu, ini sebagai jalan alternatif untuk memangkas waktu tempuh pengguna jalan yang jika melewati jalan arteri membutuhkan waktu 40 menit – 1 jam, maka saat menggunakan jalan tol ini diklaim hanya butuh waktu 10 menit.

Nantinya Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong akan terhubung dengan Jalan Tol Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Ruas Serpong-Cinere, sehingga masyarakat dapat dengan mudah menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Sehingga akan mempermudah masyarakat yang hendak menuju ke arah Jalan Tol Tangerang-Merak, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, dan Jalan Tol BSD. [dp/MTH]

Besaran tarif Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong :
JC Kunciran – SS Parigi dan SS Parigi – JC Kunciran :
Gol. I : Rp 12.000,-
Gol. II : Rp 18.000,-
Gol. III: Rp 18.000,-
Gol. IV : Rp 24.000,-
Gol. V : Rp 24.000,-

JC Serpong – SS Parigi dan SS Parigi – JC Serpong :
Gol. I : Rp 8.000,-
Gol. II : Rp 12.000,-
Gol. III: Rp 12.000,-
Gol. IV : Rp 15.500,-
Gol. V : Rp 15.500,-