Melihat Sejarah Perjalanan Merek Peugeot di Dunia | dapurpacu.id

Melihat Sejarah Perjalanan Merek Peugeot di Dunia


DAPURPACU – Nama pabrikan asal Perancis ini sudah lama terdengar di ranah industri dunia. Terlebih di dunia otomotif, Peugeot pun telah mengukir sejarah apik sejak logo Singa dimunculkan.

Selama lebih dari 200 tahun, mungkin publik hanya mengetahui sepak terjangnya di sektor otomotif saja. Padahal, Peugeot mengawali bisnis mereka bukan dari industri itu.

Di awal kelahirannya, Peugeot bergerak di bisnis pengecoran baja, kemudian produsen alat perkakas, penumbuk lada, dan lainnya. Ekspansi dan inovasi terhadap produk lain terus dilakukan Peugeot sampai logo Singa ini lahir pada 1850.

Di bawah nakhoda Armand Peugeot sejak 1865, perusahaan mulai memproduksi sepeda yang berujung menjadi produsen mobil terkemuka di dunia. Dia adalah penggerak pertama yang membuat Peugeot menjadi produsen sepeda.

Ketertarikannya diawali sejak lulus dari sekolah teknik ternama di Prancis, Ecole Centrale Paris. Kemudian Armand melakukan perjalanan ke Inggris dan melihat potensi industri sepeda di sana.

Mulai tahun 1882, Peugeot menjadi produsen sepeda yang terbilang sukses. Inovasi terus dilakukan hingga mereka berhasil memproduksi dan memamerkan sepeda roda tiga bertenaga uap (steam) pada World Fair 1889 di Paris.

Perkembangan tidak berhenti di situ, Armand semakin tertarik dengan industri otomotif hingga akhirnya pada 1892, Peugeot menjadi produsen otomotif dengan memproduksi mobil yang ditenagai mesin Daimler.

Armand berambisi besar atas bisnis tersebut, sampai membentuk perusahaan baru di bawah nama Peugeot yang khusus berdedikasi di dunia otomotif. Pelan tapi pasti, usaha dan upayanya mengembangkan industri otomotif membuahkan hasil.

Pada 1910, Peugeot menjadi perusahaan otomotif paling besar di Prancis yang memproduksi 10.000 unit mobil per tahun saat itu. Jumlah ini menjadi hal yang membanggakan sebagai perusahaan otomotif di Negeri Menara Eifel ini.

Hingga kini, nama Armand Peugeot menjadi legenda dunia otomotif karena inovasi bisnis dan kegigihannya. Armand mendapatkan pengakuan di Automotive Hall of Fame pada 1999. [dp/MTH]