Suzuki Capai Produksi 5 Juta Unit Motor di India | dapurpacu.id

Suzuki Capai Produksi 5 Juta Unit Motor di India


DAPURPACU – Suzuki merayakan tonggak sejarahnya pada bulan ini dengan pencapaian produksi ke lima juta unit di pasar roda dua di India. Keberhasilan Suzuki berkat pamor lini produk bermesin kecil yang makin digemari.

Bagi masyarakat di India, sepeda motor dipandang sebagai sarana transportasi yang bisa diandalkan, mengingat tingkat kemacetan di sana cukup ‘akut’ setiap harinya.

Sementara itu, jaringan Suzuki di sana cukup luas dengan 530 dealer di 279 kota di seluruh India. Jadi, saat Suzuki menggelontorkan produk baru, konsumen dapat dengan mudah memperolehnya tanpa harus menanti lama.

Sebagai informasi, pabrik perakitan Suzuki di India berada di Gurugram. Di fasilitas pabrik inilah muncul berbagai sepeda motor Suzuki, seperti V-Strom 650 berstandar emisi Euro 6 (BS6).

Namun, Suzuki mengklaim tulang punggung penjualannya berasal dari lini produk bermesin kecil, seperti Gixxer 250 dan 150, serta skutik Access 125.

Di India, motor dengan kapasitas mesin kecil ini sudah lebih dari cukup. Karena itulah, para petinggi Suzuki begitu fokus untuk mengembangkan pasar tersebut, dan tidak memikirkan menggapai pasar motor bermesin besar.

Meski begitu cukup diakui, pamor Suzuki di Benua Biru dan Amerika Utara begitu ‘sunyi’ belakangan ini, yang dibuktikan GSX-R1000 kurang diminati oleh publik. [dp/MTH]