Kia Sonet, Inilah Compact SUV Korea Terlengkap di Kelasnya | dapurpacu.id

Kia Sonet, Inilah Compact SUV Korea Terlengkap di Kelasnya


DAPURPACU – PT Kreta Indo Artha (KIA) akhirnya menambah lagi lini modelnya di Indonesia di penghujung tahun ini. Kia Sonet resmi dipasarkan setelah beberapa kali tertangkap kamera melakukan pengujian di jalan.

Peluncuran compact SUV kedua Kia ini dilakukan secara virtual hari ini, Rabu (11/11). Mengambil momentum tanggal terbaik, PT KIA membanderolnya mulai dari harga Rp193 juta OTR Jakarta.

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT KIA mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak pilihan guna mendukung dan memenuhi kebutuhan gaya hidup serta memberikan aspirasi bagi konsumen dan pengguna mobil Kia.

“Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, kami yakin compact SUV terbaru Kia ini dapat direspon positif oleh masyarakat di Indonesia,” jelas Andrew, disela peluncuran.

Dia menambahkan, Kia Sonet telah membuka kelas baru di Indonesia sebagai compact SUV 5 seater, diposisikan dibawah Kia Seltos yang telah lebih dahulu meluncur awal tahun ini.

Secara tampilan, jelas PT KIA membidik semua konsumen tanpa terkecuali dan tidak ada penggolongan untuk calon pemiliknya kelak. Laburan warna-warna eksterior premium disuguhkan untuk menambah kesan ‘wah’.

Dapat dikatakan ‘amunisi’ yang dipasangkan pada Sonet jauh di atas rata-rata. Bahkan hadirnya mobil ini seperti membuka segmen baru yang diklaim berada satu tingkat di bawah compact SUV yang telah beredar di Indonesia.

“Kami bangga Kia Global melihat Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi lini modelnya. Kia Sonet pun mereka prediksi mampu berbicara banyak untuk merebut hari konsumen di Tanah Air,” kata Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo, belum lama ini.

Secara dimensi, dengan panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dengan jarak sumbu roda 2.500 mm, Kia Sonet lebih pendek 20 cm dan dibandingkan Seltos.

Di balik kap mesin, tertanam mesin baru Gamma II 1.500 cc Smartstream Engine, yang diklaim Indonesia menjadi negara pertama yang memasarkan mesin tersebut.

Tipe mesin itu berkonfigurasi 4 silinder, DOHC, berkapasitas murni 1.493cc, dengan tenaga maksimal 113 hp dengan torsi puncak 144 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Dua pilihan transmisi ditawarkan untuk menggerakkan roda depannya, yaitu manual 6 percepatan atau IVT (Intelligent Variable Transmission), dengan 8 virtual gear.

Kia Sonet memberikan garansi 7 tahun atau 200 ribu km, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu.

Tidak hanya fitur-fitur yang berlimpah, unsur keselamatan dan keamanan berkendara juga menjadi fokusnya. Terdapat 6 airbag, VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide.

Enam pilihan warna yang tersedia meliputi Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Steel Silver, Intense Red, Intelligency Blue, serta Beige Gold. [dp/MTH]

Berikut Harga Resmi Kia Sonet (OTR Jakarta) :
– 1.5 iVT Premiere Rp 289.000.000
– 1.5 iVT Dynamic Rp 265.000.000
– 1.5 iVT Smart Rp 251.500.000
– 1.5 M/T Smart Rp 238.500.000
– 1.5 M/T Active Rp 204.500.000
– 1.5 M/T Standard Rp 193.000.000