Raih Posisi Kedua, Daihatsu Tatap Optimis 2021 | dapurpacu.id

Raih Posisi Kedua, Daihatsu Tatap Optimis 2021


DAPURPACU – Daihatsu kembali mengisi slot kedua tangga penjualan sepanjang tahun 2020, dengan pencapaian total 100.026 unit. Plus pencapaian market share hingga 17,3%, atau naik 0,3 persen.

Dengan hasil tersebut, posisi kedua ini menjadi pencapaian ke-12 secara berturut-turut, sementara perolehan pangsa pasar 17 persen menjadi yang ke-5 diraih sejak 2016.

Secara nasional, penjualan ritel di tahun lalu mencapai sekitar 578 ribu unit atau turun 45% dibandingkan pada 2019. Sedangkan bagi Daihatsu hanya menurun 44% dari tahun lalu.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengaku bersyukur pencapaian penjualan tahun ini mampu mempertahankan posisi Daihatsu di peringkat kedua pasar otomotif nasional.

“Kami menutup tahun lalu dengan market share sebesar 17,3%. Penurunan penjualan yang diraih Daihatsu masih lebih baik ketimbang pasar nasional,” ujar Hendrayadi, disela temu virtual dengan media, Jumat (15/1).

Baca juga:  Daihatsu Kembali Gelar Even Virtual Akhir Pekan ini

Secara rinci untuk retail sales, Sigra menjadi kontributor terbesar dengan perolehan 26.219 unit atau menguasai penjualan lini model Daihatsu hingga 26,2 persen.

Diikuti Gran Max Pick-Up sebanyak 24.297 unit (24,3%), dan Terios 14.493 unit (14,5%). Disusul kemudian oleh Ayla sebesar 12.791 unit (12,8%), Gran Max MB 10.179 unit (10,2%), serta Xenia sebanyak 9.231 unit (9,2%).

Sedangkan secara penjualan/distribusi ke dealer (whole sales), sepanjang 2020 lalu mampu meraih angka 90.724 unit.

Hendrayadi berharap di 2021 menjadi tahun kebangkitan industri otomotif nasional, seiring menggeliatnya daya beli konsumen di Tanah Air.

“Di 2021 kami tidak berangan-angan tinggi, cukup mempertahankan posisi kedua dengan target pencapaian pangsa pasar minimal 17 persen,” pungkasnya. [dp/MTH]