Luncurkan Mobil Baru, Tim Scuderia Alphatauri Targetkan di Papan Tengah | dapurpacu.id

Luncurkan Mobil Baru, Tim Scuderia Alphatauri Targetkan di Papan Tengah


DAPURPACU – Tim-tim balap Formula One (F1) mulai memperkenalkan tunggangan barunya untuk menghadapi musim balap tahun ini, termasuk Scuderia AlphaTauri dengan AT02.

Momen perkenalan dilaksanakan di showroom baru AlphaTauri di Kota Salzburg, Austria dan dilakukan secara virtual. Kombinasi warna biru tua dan putih dof (matte whitew) mendominasi mobil itu.

Dengan susunan pebalap baru yaitu Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda, AT02 masih menggunakan mesin Honda untuk musim kali ini. Tim asal Faenza, Italia ini diklaim meraih sukses pada musim perdananya (2020).

Dan untuk musim balap F1 tahun ini, tim menaruh harapan besar pada kedua pebalap untuk berada di dapat menempati papan tengah.

Menurut Team Principal Scuderia AlphaTauri, Franz Tost, keputusan memilih Pierre dan Yuki pada 2021 diambil karena sesuai dengan filosofi Scuderia AlphaTauri yang memberikan kesempatan kepada pebalap muda berbakat dari Red Bull Junior Program untuk melangkah ke F1 dan mendidik mereka.

“Saya pikir pasangan ini adalah skenario terbaik untuk mencapai target kami dan saya juga yakin ini akan berhasil,” imbuh Tost, dalam keterangan resminya.

Pada musim lalu, Scuderia AlphaTauri memenangkan desain livery terbaik, dan livery mobil balap baru tim menjadi pusat perhatian para pebalap, mengantisipasi model 2021 yang akan debut pada pengujian pramusim di Bahrain.

Tes tersebut menjadi awal dari 23 seri balapan di musim 2021. Sebagai persiapan kedua pebalap telah menghabiskan waktu di Red Bull’s Athlete Performance Center untuk pengujian kebugaran yang intens.

“Saya siap untuk bekerja sama dengan Yuki. Ia adalah pebalap yang sangat cepat, dan dia akan membantu kami memajukan tim dan kami akan bekerja sama untuk mencapai itu,” pungkas Gasly.

Sebagai tambahan, bersamaan dengan peluncuran mobil baru, tim sekaligus memperkenalkan merek fashion premium Red Bull yang menampilkan koleksi musim gugur dan musim dingin 2021.

Sejak memulai debutnya bersama tim pada 2017, Pierre Gasly telah meraih dua podium, termasuk kemenangan perdananya di Monza pada GP Italia 2020. Hal itu menunjukkan pengalamannya bersama tim dapat semakin meningkatkan perannya sebagai pebalap nomor utama tim AlphaTauri.

Sementara bagi Yuki Tsunoda yang baru berusia 20 tahun, ia akan menjadi pebalap Jepang pertama yang membalap di F1 sejak 2014.

Promosinya ke F1 berasal dari perjalanan karir balap yang cepat, mulai dari memenangi F4 Japanese Championship 2018 hingga mengikuti Kejuaraan FIA F2 Championship 2020 dan finis ketiga di akhir musim lalu.

Tim Scuderia AlphaTauri bakal menguji mobil AT02 di Sirkuit Imola, Italia, sebelum memulai sesi tes resmi pra musim F1 2021 di Bahrain pada 12 – 14 Maret 2021.

Putaran pembuka F1 Grand Prix Bahrain musim balap 2021 dijadwalkan berlangsung pada 28 Maret mendatang. [dp/MTH]