Karat Bisa Muncul, Yuk Rawat Standar Samping Atau Tengah Motor | dapurpacu.id

Karat Bisa Muncul, Yuk Rawat Standar Samping Atau Tengah Motor


DAPURPACU – Komponen pada sepeda motor ini menjadi salah satu peranti standar untuk menopang keseluruhan beban kendaraan kala tidak digunakan. Komponen itu adalah side dan main stand (standar samping dan tengah).

Kegunaannya jelas berbeda dalam kesehariannya, meski tujuan utamanya adalah sama yaitu berfungsi sebagai penopang beban motor. Side stand misalnya, lazim digunakan untuk kondisi sesaat.

Untuk motor-motor saat ini, seperti jenis matic, biasanya sudah dibekali fitur Side Stand Switch. Fitur ini untuk memberikan keamanan jika lupa mengembalikan side stand ke posisi yang sebenarnya pada saat sepeda motor dalam keadaan menyala.

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, semua jenis motor matic Honda saat ini sudah dilengkapi fitur tersebut.

“Hal ini, lanjut dia, akan memberikan rasa aman dan meminimalisir adanya potensi kecelakaan saat motor dengan mesin hidup tapi hanya ditopang dengan standar samping.

Baca juga:  Sulit Mengontrol Emosi Saat Berkendara, Simak Tips Berikut

“Karena pada posisi ini, ban belakang masih menapak ke jalan sehingga akan sangat berbahaya jikalau ada yang memainkan tuas (handle) gas,” tambah Ade.

Sementara untuk main stand atau standar tengah diperlukan jika dalam kondisi berhenti lama, atau setelah aktivitas perjalanan Anda terhenti di rumah.

“Namun, jika ada endapan kotoran dan cipratan air hujan dapat menyebabkan standar tengah bermasalah atau macet dan tidak bisa digunakan,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Cek kondisi motor sebelum berkendara, dengan menggunakan standar samping.

Kondisi tersebut bisa jadi Anda kurang memberikan perhatian pada komponen itu. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan untuk mengembalikan lagi kondisinya, yaitu:

1. Disarankan untuk menggunakan standar tengah setiap hari. Hal ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa main stand.

“Sehingga dalam jangka panjang akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan main stand,” imbuhnya.

Baca juga:  DAM Gelar Program Servis Menarik, Langsung Dapat E-Voucher Servis

2. Lumasi shaft Main stand secara berkala untuk mencegah potensi karat muncul. Pelumasan yang baik dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. Posisikan sepeda motor pada side stand switch.
b. Lumasi shaft main stand dari arah sebelah kanan.


c. Pelumas bisa menggunakan cairan penetran atau chainlube yang mempunyai kadar pelumasan baik.
d. Lakukan secara berkala setiap 1 (satu) bulan atau sehabis di cuci ataupun sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir

Sebagai informasi, Main stand kekinian telah dilengkapi dengan fitur pemisahan pergerakan antara shaft dan main stand. Sehingga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan generasi terdahulu, diantaranya:

1. Main stand bisa menopang kendaraan dengan sempurna.
2. Terdapat pemisahan pergerakan antara shaft dengan main stand.
3. Ada Indikasi kemacetan apabila sudah mulai muncul karat di dalam pipa main stand
4. Pengguna sepeda motor dapat mengetahui secara dini apabila ada indikasi kerusakan
5. Tidak muncul karat didalam pipa main stand dengan perawatan yang tepat dengan adanya indikasi dari kelancaran pergerakan main stand. [dp/MTH]