Ducati Panigale V4 dan Diavel 1260 Lebih 'Bersih' Mendarat di India | dapurpacu.id

Ducati Panigale V4 dan Diavel 1260 Lebih ‘Bersih’ Mendarat di India


DAPURPACU – Ducatista India cukup berbangga karena pabrikan motor asal Italia ini resmi mendatangkan Panigale V4 dan V4 S ke pasar tersebut. Banderolnya pun tergolong lebih murah dibanding saat dipasarkan di Amerika.

Hadirnya superbike tersebut, sekaligus Diavel 1260 yang diluncurkan secara online kemarin (7/6), hadir dengan pembaruan pada emisi gas buangnya yang kini berstandar Euro 5 (BS6).

Pemesanan untuk kedua model sudah dilakukan saat ini, sementara proses pengirimannya tergantung dari kelonggaran atau pembatasan masing-masing wilayah akibat penyebaran Covid-19 .

Mesin 1.103 cc yang disematkan pada Panigale V4 telah ditingkatkan untuk memenuhi penerapan emisi lebih ketat di negara itu, dimana Ducati melakukan ubahan pada saluran pembuangan motor dan kalibrasi mesin.

Meskipun demikian output performanya tidak berubah. Konfigurasi mesin Desmosedici Stradale 90 derajat katup Desmodromic ikonik Ducati, empat silinder pendingin cairan, menghasilkan tenaga 214 hp dan torsi puncak 124 Nm pada putaran mesin 9.500 rpm.

Baca juga:  Kawasaki Indonesia Hadirkan Ninja ZX-10R Edisi Khusus

Dipadukan quickshifter dua arah diintegrasikan ke dalam gearbox enam percepatan untuk perpindahan gigi yang lebih cepat dan lembut.

Selain itu, Panigale V4 juga dilengkapi Ducati Traction Control (DTC) Evo 3, sebuah evolusi paket elektronik berbasis IMU enam sumbu. Komponen ini mampu mengontrol gejala slip saat di tikungan.

Dua mapping ECU (Race A-B), menemani mode Sport dan Street yang masih dipertahankan. Untuk model 2021, Panigale V4 mendapatkan paket aerodinamis yang mirip dengan V4 R berupa fairing yang didesain ulang.

Fairing baru tersebut dipadukan dengan insang dan winglet fungsional, yang diklaim Ducati menghasilkan downforce hingga 30 kg pada kecepatan 270 km/jam.

Hadir dengan dua varian yaitu V4 dan V4 S, keduanya sebagian besar dibekali fitur yang sama, hanya saja untuk varian V4 S mendapat suspensi yang dikontrol secara elektronik dari Ohlins, velg aluminium tempa, baterai lithium-ion dan beratnya tiga kilo lebih ringan dari model standar.

Baca juga:  Kawasaki Indonesia Hadirkan Ninja ZX-10R Edisi Khusus

Sedangkan untuk Diavel 1260 juga telah ditingkatkan untuk memenuhi standar BS6, dan seperti Panigale V4, mesin 1.262 cc 90 derajat V-twin menghasilkan tenaga 162 hp dan torsi 129 Nm yang sama seperti sebelumnya.

Namun, fisiknya lebih berat dari sebelumnya sekitar 5 kilogram (249 kg. Paket elektronik spek tinggi meliputi cruise control, kontrol traksi, kontrol wheelie, mode daya, mode pengendaraan yang dapat disesuaikan, ABS.

Tersedia juga tipe Diavel 1260 S yang dilengkapi rem Brembo spesifikasi lebih tinggi, quick shifter dua arah, dan suspensi Ohlins yang dapat disetel sepenuhnya sebagai standar.

Diavel 1260 tersedia dalam pilihan warna Dark Stealth, yang pada dasarnya adalah skema warna serba hitam untuk power cruiser. Di sisi lain, 1260 S dapat dimiliki dalam warna Ducati Red atau Thrilling Black.

Kini, Ducati telah memasarkan delapan model dari total 12 yang dijanjikan sebelumnya. Dua model lainnya yaitu Ducati Monster dan Multistrada V4 dijadwalkan hadir di paruh kedua tahun ini. [dp/MTH]