Hyundai Motors Bakal Produksi Oksigen di Pabriknya di Indonesia | dapurpacu.id

Hyundai Motors Bakal Produksi Oksigen di Pabriknya di Indonesia


DAPURPACU – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengumumkan rencananya untuk membangun fasilitas produksi oksigen, dengan memanfaatkan sebagian fasilitas pabrik yang telah dibangun.

Tidak hanya pabrik, HMMI juga bakal mengalokasikan pabrik itu untuk memproduksi peralatan medis guna mendukung Pemerintah Indonesia di situasi pandemi saat ini.

Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan Hyundai dalam membantu meminimalisir penyebaran Covid-19, yang rata-rata mencapai lebih dari 30.000 kasus baru harian pada Juli secara nasional.

Untuk itu, HMMI telah mengalokasikan dana hingga US$600 ribu, atau sekitar Rp8,6 miliar. Proses produksi oksigen yang ditargetkan mulai beroperasi pada akhir Agustus 2021.

Pihak Hyundai berharap mampu memasok 500 ton oksigen per tahun, yang dapat digunakan oleh kurang lebih 2.400 pasien kritis selama satu hari di setiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton.

Young Tack Lee, President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters mengatakan, pihaknya memiliki tujuan agar fasilitas pabrik Hyundai Motor dapat berfungsi lebih dari sekadar untuk memproduksi mobil, tetapi juga dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat.

“Kami berharap pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar, juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar,” tambah Lee.

Seremoni serah terima dukungan itu dilakukan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Nantinya, oksigen ini diberikan secara gratis oleh Hyundai Motors.

Hyundai Motor berencana untuk memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis ini hingga akhir 2021, dan dapat terus menjalankan fasilitas produksi ini jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.

Selain itu, Hyundai Motor mendonasikan peralatan medis mencakup 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator dan 100 unit tabung oksigen. Donasi senilai USD 200 ribu ini akan mulai disalurkan secara bertahap di bulan ini.

Produksi oksigen dari fasilitas ini nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah LSM.

Penerima bantuan oksigen ini meliputi bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai yang kekurangan pasokan oksigen, serta keluarga yang tidak berkecukupan yang tengah menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen dari rumah sakit.

“Kami menghargai upaya Hyundai Motor yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif ini sebagai kontribusi sosial untuk membantu masyarakat yang memerlukan,” tutup Luhut. [dp/MTH]