Tantangan Kontes DDeC Tembus ke Negeri Jiran | dapurpacu.id

Tantangan Kontes DDeC Tembus ke Negeri Jiran


DAPURPACU – Kontes Daihatsu Dress Up e-Challenge (DDeC) 2021 berhasil merangkul 1.151 unit modifikasi lini model Daihatsu dari dua negara peserta dari Indonesia dan Malaysia.

Jumlah ini bila dirinci sebanyak 891 unit berasal dari perwakilan Indonesia, sementara Malaysia mengutus 260 unit mobil Daihatsu modifikasi perwakilannya.

Sebagai informasi, kompetisi modifikasi kali kedua yang digelar secara virtual ini merupakan hasil kerja sama Daihatsu dengan Hot Import Night (HIN) ini merupakan bagian dari Indonesia Auto Modified (IAM).

Promotion Manager PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Eko Priyanto mengatakan, digelarnya kembali kontes ini untuk menjawab keinginan para modifikator yang ingin memamerkan hasil modifikasinya.

Kompetisi ini sendiri secara konsisten diadakan sejak 2014, dimana mulai 2020 lalu digelar secara virtual karena badai pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia.

Eko mengakui, meski digelar secara online, animo modifikator pemilik mobil Daihatsu tetap tinggi, yang dibuktikan banyaknya peserta yang bertambah dari tahun ke tahun.

Baca juga:  Daihatsu Bikin Acara Seru Buat Milenial Akhir Pekan ini

“Kontes modifikasi bagi para generasi muda ini disambut positif tidak hanya di Indonesia, namun juga di Malaysia dengan total ribuan unit modifikasi yang tampil,” kata Eko.

Dia mengakui dengan dihelatnya DDeC mampu menggaet pecinta modifikasi khususnya pemilik mobil Daihatsu lebih luas lagi, bahkan dapat menjangkau ke level negara.

DDeC 2021 dilaksanakan sejak Oktober lalu dan berakhir pada Desember tahun ini, yang dibagi jadi enam area yaitu 4 regional di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimatan, Sulawesi) dan 2 regional di Malaysia (Malaysia Barat, dan Malaysia Timur).

Sistem penilaian menggunakan skema eliminasi dan pemenang yang diseleksi menjadi beberapa tahap, serta didukung oleh juri profesional mancanegara.

Uniknya, selain dinilai oleh para juri professional, publik atau netizen juga dapat turut berkontribusi dalam memberi vote untuk menilai mana mobil terkeren menurut versi netizen yang bisa dilakukan di kanal media Instagram @hinofficial.

Baca juga:  Daihatsu Targetkan Pertahankan Posisi 2 di 2022

Daihatsu juga meningkatkan nilai hadiah total dibandingkan tahun sebelumnya menjadi $5.000, beserta thropy yang siap dibagikan kepada para pemenang terpilih mulai saat lolos putaran (stage) awal, hingga babak final.

Adapun juri yang ditugaskan dari Indonesia yaitu Aditya Pradhana, Mon Kentjana, Husna Sugiana, dan Bianda Dwi Putra. Sementara dari Malaysia ada Junior Chan, dan Jas Evaicez asal Singapura yang turut menjadi juri tahun ini.

Para juri akan menilai berdasarkan eksterior, interior, mesin dan perangkat audio yang disematkan pada mobil perserta sesuai kelas yang ditentukan. Sesuai tahapannya, juri nanti akan menyaring 20 mobil menjadi 8 terbaik sebelum final.

“Semoga para modifikator bisa memanfaatkan kontes ini untuk mengekspresikan diri secara positif dan adu kreativitas modifikasi mobil Daihatsu dan Perodua,” tutup Eko. [dp/MTH]