Motor Listrik Universitas Budi Luhur Tampil di MotoGP Mandalika

DAPURPACU – Sepeda motor listrik buatan Universitas Budi Luhur turut berpartisipasi dalam pameran yang diadakan Kementerian Koperasi dan UKM, di ajang balap MotoGP Mandalika 2022.

Di pameran yang berlokasi di Kawasan Sirkuit Pertamina Grand Prix Mandalika G1 Gate A ini, Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL) Universitas Budi Luhur pamerkan motor listrik BL-SEV01.

Untuk diketahui, sebelum tampil di Mandalika, rangkaian kegiatan diawali dengan pameran ratusan UKM di Smesco Jakarta pada 5 Maret 2022.

Dari keseluruhan peserta tersebut, PSKL Universitas Budi Luhur melalui motor listrik BL-SEV01 terpilih menjadi peserta pameran di Pertamina Grand Prix of Indonesia Seri-2 MotoGP 2022.

Kepala PSKL Universitas Budi Luhur, Sujono mengatakan, tampilnya motor listrik BL-SEV01 membuat dikenal oleh ribuan pengunjung baik masyarakat domestik maupun mancanegara yang hadir di Mandalika.

Menurutnya, banyak hal positif yang didapatkan dari kegiatan tersebut, diantaranya pengembangan networking dari sesama penggiat UKM.

Baca juga:  Upaya Honda Kupas Teknologi Motor Listrik ke Pelajar SMK

“Review dan masukan dari pengunjung tentunya kami jadikan referensi dalam pengembangan produk kami di bidang kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik,” ungkap Sujono, dalam siaran tertulisnya, Rabu (23/3).

Ia menambahkan, dengan adanya pameran di ajang balap internasional ini menjadi penyemangat para mahasiswa dan dosen khususnya Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk membuat karya yang lebih baik dan diterima masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, mengapresiasi motor listrik karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh mahasiswa dan dosen Budi Luhur.

“Universitasi Budi Luhur satu-satunya Universitas yang ikut dalam pameran bergengsi ini dan konsisten dalam pengembangan kendaraan listrik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA menambahkan, bahwa hadirnya BL-SEV02 pada even internasional seperti MotoGP 2022 adalah kesempatan yang baik.

Baca juga:  Upaya Honda Kupas Teknologi Motor Listrik ke Pelajar SMK

Sehingga, kata dia, motor listrik buatan anak bangsa bisa dikenal oleh penonton MotoGP, terlebih lagi masyarakat dan pihak pemerintah.

“Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan konsistensi membuat kendaraan listrik dengan kualitas terbaik dan keren,” tandas Kasih Hanggoro.

Mengenai spesifikasi BL-SEV01, didukung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Sepeda motor ini bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam.

Itu terbukti saat Touring Jakarta – Mandalika dengan membawa 3 set baterai yang masing – masing mampu menempuh 100 – 140 km sekali.

Jadi ketika baterai habis tim BL-SEV01 langsung mengganti baterai dengan sistem swab. Rata – rata menempuh perjalanan 300 kilometer. [dp/DF]

Previous articlePeugeot 2008 Resmi Diluncurkan, ini Banderol Resminya
Next articleMerek Toyota Terus Mendapat Kepercayaan Dari Konsumen