Beli Quester Euro5, Astra UD Trucks Kasih Gratis AdBlue 800 Liter

DAPURPACU – Astra UD Trucks resmi meluncurkan truk Quester Euro 5 untuk menyongsong regulasi standar emisi Euro 4 yang resmi diberlakukan oleh pemerintah pada 12 April 2022.

Kehadiran Quester Euro5, sebagai upaya UD Trucks mengembangkan sistem pengolahan gas buang pada lini produknya melalui katalis yang canggih, yang dikenal dengan teknologi selective catalytic reduction (SCR).

Teknologi SCR sendiri merupakan sistem pengolahan emisi yang diklaim mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran.

Dengan meningkatkan tekanan injeksi sehingga tercipta pembakaran yang sempurna serta akan mengurangi partikel sisa secara signifikan.

Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue, yaitu cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun

“Jadi, teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, dimana sistem SCR menyuntikkan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya,” ujar Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks, Selasa (12/4).

Baca juga:  Astra UD Trucks Bidik Pengemudi Terbaik Lewat Dua Kontes ini

Adapun penggunaan AdBlue ini hanya sebesar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Sebagai contoh, jika 1 liter solar digunakan 3 Km, maka 1 Liter AdBlue dapat digunakan untuk 75 Km.

Pada umumnya pengusaha truk menjalankan armadanya per bulan per unit sejauh 6.000 Km, maka dibutuhkan asumsi solar sebanyak 2.000 liter, maka penggunaan AdBlue diperkirakan sebesar 80 liter atau senilai Rp800 ribu per bulan.

Winarto, menyebut, bahwa pihaknya akan memberikan cairan AdBlue sebanyak 800 liter secara cuma-cuma bagi setiap pembelian pertama Quester Euro5.

“Kami memberikan gratis kepada pelanggan sebanyak 800 liter yang akan dibagi dalam 4 tahap pengiriman. AdBlue ini bukan cairan berbahaya jadi aman disimpan,” tandasnya.

“Perlu diketahui tangki AdBlue yang terdapat di Quester Euro5 sebesar 50 liter dan kami mengedukasi pelanggan untuk menyediakan 1 jirigen AdBlue untuk cadangan saat kondisi darurat di dalam kabin truk,” sambungnya.

Baca juga:  Astra UD Trucks Bidik Pengemudi Terbaik Lewat Dua Kontes ini

Selain itu, untuk mengontrol penggunaan AdBlue, pengemudi dapat melihat indikator yang ada di dashboard truk seperti indikator bahan bakar selama ini.

Di sisi lain pengusaha atau kepala operasional truk juga dapat memantau penggunaan AdBlue melalui fitur telematics secara akurat dan terkini.

Menyoal harga, Winarto mengungkapkan bahwa AdBlue di pasaran dibanderol sebesar Rp10 ribu per liter dan bisa didapatkan di seluruh jaringan market place Astra UD Trucks.

Pada kesempatan ini, Astra UD Trucks juga menawarkan Paket Super Euro5, dimana setiap pembelian Quester sudah gratis AdBlue sebanyak 800 liter.

Juga dapat UD Telematics 1 tahun dan free service 120 ribu Km atau 3 tahun dengan opsi dapat diperpanjang sampai 5 tahun dengan warranty 100 ribu Km atau 1 tahun.

Selain itu, ada hadiah berbagai jenis produk otomotif Astra Group mulai dari truk, mobil, motor hingga paket umroh dan perjalanan yang didukung pembiayaan dari Astra Financing. [dp/DF]

Previous articleQuester Euro5 Diklaim Mampu Tenggak Bahan Bakar Biosolar
Next articleBeli Model-model VW ini, Bisa Dapat Perpanjangan Garansi