Raih Podium Tertinggi, Veda Tampil Apik di Hadapan Publik Sendiri

DAPURPACU – Akhirnya Veda Ega Pratama mampu membuktikan performa balap terbaiknya di hadapan publik sendiri, dengan meraih kemenangan dilaga pertama Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022, Sabtu (12/11) lalu.

Berawal dari dirinya yang berhasil mengamankan posisi pole dengan torehan waktu tercepat 1:43.413 detik, Veda akhirnya berdiri di podium teratas Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB.

“Alhamdullillah, senang sekali podium pertama di negeri sendiri, Hasil Free Practice dan kualifikasi memberikan modal kepercayaan diri sangat besar untuk tampil maksimal,” ujar Veda.

“Selepas start, saya menjaga fokus untuk tidak melakukan kesalahan dan terus menjaga irama balap sehingga dapat finis pertama. Podium ini untuk orang tua saya, Astra Honda dan masyarakat Indonesia,” ujar Veda.

Veda pun bertekad pada race kedua yang bakal digelar siang ini untuk mengulangi hasil serupa, untuk memperbaiki posisinya di klasemen ajang pebalap tingkat Asia itu.

Sementara untuk hasil akhir tiga pebalap Indonesia lainnya, Aan Riswanto, Reykat Yusuf Fadillah dan Muhammad Diandra Trihardika menempati posisi grid ke-8, ke-12 dan ke-19.

Sedangkan Decksa Almer Alfarezel yang ikut ambil bagian di ajang tersebut sebagai pebalap wildcard berhasil meraih posisi grid ke-13. Baginya ini menjadi pengalaman berharga dan beradaptasi sejak free practice dan kualifikasi.

“Pada race pertama ini, saya mendapatkan berbagai pengalaman dan model untuk perjuangan di race kedua esok,” ujar Deksa.

Di sisi lain, Aan mengaku melakoni balapan di race pertama ini dengan start sempurna dan terus bertarung ketat di group kedua. Bahkan dirinya sempat mendekat untuk bertarung di zona podium.

“Namun kali ini, penampilan empat pebalap terdepan sangat baik dan membuka jarak. Bagaimanapun ini hasil terbaik yang bisa saya lakukan di race pertama dan saya akan tampil lebih baik lagi di race selanjutnya,” ujar Aan.

“Saya sudah berusaha untuk langsung menekan di awal balapan. Tetapi saya kesulitan untuk bisa lepas dari rombongan dan terus tertahan. Saya akan mencoba kembali di race kedua untuk bisa lebih baik,” ujar Raykat.

“Saya kurang mendapatkan hasil maksimal pada sesi kualifikasi dan race kali ini cukup berat, semoga pada race besok saya dapat memberikan kemampuan terbaik saya,” tutup Diandra.

Review balapan

Balapan di race pertama digelar sebanyak 15 putaran dalam kondisi cuaca yang cerah. Veda kembali menunjukkan dominasinya sejak awal balapan.

Melakukan start dengan baik, pebalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini sempat mendapatkan tekanan dari tiga pebalap lainnya pada tujuh lap awal.

Secara perlahan dan konsisten, Veda berhasil keluar dari tekanan dan menambah waktu gap hingga 7,9 detik dengan pebalap lainnya. Perjuangan ini, membuat Veda berhasil finis di posisi pertama dan mengantongi 25 poin.

Sedangkan pebalap binaan AHM lainnya, Aan Riswanto yang berjuang pada rombongan kedua harus berjibaku menghadapi dua pebalap lainnya dalam perebutan posisi kelima.

Di pertengahan race, dia sempat menduduki posisi kelima, namun persaingan yang kian ketat membuat dirinya harus finis di posisi ke-6.

Perjuangan keras juga ditunjukkan Reykat dan Diandra Trihardika yang berhasil finis di posisi ke-11 dan ke-12, disusul Decksa yang berada di posisi ke-16.

Balapan terakhir musim ini akan digelar di Mandalika International Street Circuit pada Minggu (13/11/2022) pukul 14:00 WIB. [dp/MTH]