Debut Toyota All New Agya dan Agya GR Sport, Banderol Mulai Rp167 Jutaan

DAPURPACU – Pameran GJAW 2023 menjadi momentum bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menghadirkan model-model terbaru, selain menampilkan lini model Toyota lainnya.

Rangkaian model berjumlah total 16 unit display ditampilkan pada booth di Jakarta Convention Center Senayan, termasuk All-New Agya dan All-New Agya GR Sport yang telah memulai debutnya bulan lalu.

Bersamaan dengan dimulainya para GJAW 2023 pada 10 Maret lalu, sejak itu All-New Agya mulai dipasarkan dengan harga mulai dari Rp167,9 juta sampai Rp191,4 juta.

Sementara untuk varian All-New Agya GR Sport dijual dengan banderol mulai Rp237,5 juta hingga Rp256 juta. Keduanya berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Untuk segmentasinya sendiri, Toyota Indonesia masih menempatkan All-New Agya untuk mengisi pasar Low Cost Green Car (LCGC). Sementara All-New Agya GR Sport berada di segmen yang sedikit lebih tinggi.

Kedua city car hatchback terbaru ini menyasar dua kebutuhan mobilitas konsumen yang berbeda, namun tetap menawarkan value for money terbaik dikelasnya masing-masing.

President Director TAM, Hiroyuki Ueda mengatakan, lewat pameran ini, Toyota menghadirkan lini model penumpang terlengkap untuk memberikan dan memenuhi solusi mobilitas kepada masyarakat.

“Tak hanya itu, kami juga melengkapinya dengan teknologi terbaru, serta pilihan layanan mobilitas yang accessible dan advanced,” tambahnya disela pembukaan booth.

Baik Agya maupun Agya GR Sport mengusung platform baru yang memberikan ruang untuk penggunaan mesin baru, yaitu dengan kode WA-VE berkubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i.

Baca juga:  TGRI Tampil All-out di MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri Pertama

Konfigurasi tersebut sanggup memuntahkan tenaga maksimal 87 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm di putaran mesin 4.500 rpm, yang dipadukan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak dan efisien.

Improvement pada mesin yang sudah digapai di putaran rendah memberikan power agility yang lebih baik, sekaligus tetap irit dengan konsumsi bensin rata-ratanya lebih dari 21 km/liter.

Performa hatchback ini juga diperkuat transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio, sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear.

Selain itu, komponen penyalur tenaga dan torsi ke roda depan ini juga dibekali dengan teknologi Active D Control, yang bekerja lebih halus pada kondisi normal.

All New Agya hadir dalam dua tipe yaitu E dan G, yang mengusung desain terkini yang mendukung performa aerodinamika lebih baik dengan coefficient of drag 3% lebih rendah, membuatnya lebih stabil dan lincah.

Tampilan agresif dari depan berkat desain bumper tajam dan volume yang padat serta lebar. Diperkuat oleh desain LED headlamp yang tajam dan vertical LED illumination lamp.

All-front LED Lamp memperkuat kesan dinamis dan modern sekaligus canggih dengan adanya fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off. Kesan powerful dihadirkan melalui wheel arches yang besar dan kokoh, serta tarikan garis bodi tajam dan agresif.

Baca juga:  Suzuki Tampilkan Produk Rakitan Lokal di Jakarta Fair 2024

Entry Hatchback ini juga terlihat lebih aerodinamis dan powerful berkat postur tubuh lebih panjang, lebih rendah, dan lebih lebar yang diperkuat oleh lekukan kokoh pada pintu samping yang mengalir dinamis ke belakang.

Penggunaan platform baru memberikan ruang kepada engineer Toyota untuk meningkatkan kenyamanan kabin. Konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas tinggi.

Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur 3 dimensi. Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi berdasarkan human-centered design.

Agya dibekali dengan audio head unit berukuran 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN dan USB.

Tilt steering serta Front & Rear Separated Head Rest sudah ada pada semua tipe, sementara Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button tersedia di tipe G.

Khusus tipe CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Fitur safety Agya juga ditingkatkan dengan memperkuat beberapa elemen chassis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter tromol rem belakang diperbesar untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Baca juga:  Suzuki Tampilkan Produk Rakitan Lokal di Jakarta Fair 2024

Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.

Spesifikasi All-New Agya GR Sport

Sedangkan pada All New Agya GR Sport dilengkapi aero kit yang meningkatkan aerodinamikanya. Penambahan down force membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah.

Memperkuat aksen sporty-nya berkat dipasangkannya GR-S 15-inch Machinery Alloy Wheel yang sporty. Tuning baru juga dilakukan pada power steering dengan power motor yang lebih tinggi.

Begitu juga steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber dan coil spring yang lebih rigid. Diperkuat oleh penggunaan sport tires untuk steering yang lebih responsive handling yang lebih superior.

Pada kabin, tersemat beberapa sentuhan signature GR Sport, seperti dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan.

Emblem tersebut turut pula disematkan pada bagian bawah kemudi yang sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob. [dp/TH]

Previous articlePelaku UMKM ‘Geruduk’ HUT CBR TAC ke-8 di Tangerang
Next articleKIA Serah Terima Kia EV6 GT Line Kepada Para Pemiliknya