Daihatsu Sigra Masih Jadi Mobil Perburuan Masyarakat, Segini Jualannya

DAPURPACU – Hingga masuk di kuartal kedua tahun ini, Daihatsu masih kokoh mengisi kedua pasar otomotif nasional yang meraih penjualan ritel 71.568 unit per April lalu.

Jumlah yang digapai pada Januari – April 2023 ini mengalami kenaikan sekitar 14,8 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, sekitar 62 ribuan unit.

Di samping itu, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis bahwa Daihatsu meraih pangsa pasar 21,2 persen di kuartal pertama 2023.

Pada periode yang sama, pangsa pasar Daihatsu pada 2020 atau di awal pandemi hanya 17,3 persen, lalu 2021 mulai naik menjadi 17,5 persen dan tahun lalu mencapai 18,6 persen.

Dari capaian ini, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel nasional sebesar 21,1%, atau naik sekitar 1,6% dibandingkan periode yang sama 2022 sebanyak 19,5%.

Sebagai informasi, secara nasional penjualan ritel otomotif Indonesia per April lalu mencapai 339 ribuan unit, atau naik 6,2% dibandingkan pada 2022 lalu sebanyak 320 ribuan unit.

Baca juga:  Mobil Konsep Listrik 'Mungil' ini Mejeng di GIIAS 2024

“Kami bersyukur hingga April 2023 penjualan Daihatsu raih penjualan ritel 71 ribu unit, ditambah kontribusi kenaikan market share sebesar 1,6% dibanding tahun lalu menjadi 21,1%,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

“Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” tambahnya dalam siaran resmi, Selasa (16/5).

Secara volume dan kontribusi model, Daihatsu Sigra menjadi produk yang terus diminati dan diburu oleh konsumen, khususnya untuk keluarga muda di Indonesia.

Sebagai produk dengan angka penjualan teratas dari top 3 model, Sigra berhasil menyumbangkan sebanyak 21.722 unit, atau berkontribusi sekitar 30,4 persen dari total penjualan Daihatsu pada periode itu.

Disusul oleh Gran Max PU (Pick Up) sebesar 15.204 unit (21,2%) dan Terios dengan perolehan penjualan ritel sebanhyak 10.204 unit (14,3%).

Baca juga:  Daihatsu Gran Max, Sahabat Bisnis Pelaku UMKM Nan Tangguh

Kemudian secara berturut-turut diikuti oleh Xenia (8.460 unit), Ayla (8.342 unit), Gran Max MB (4.025 unit), Rocky (2.397 unit), serta Luxio dan Sirion yang meraih penjualan 1.214 unit. [dp/TH]

Previous articleMMKSI Kasih Diskon Menarik Untuk Perbaikan dan Pengecatan Bodi
Next articleMG Perdana Berpartisipasi di PEVS 2023