Suzuki Ajak Pelajar Lihat Langsung Pabrik di Cikarang

DAPURPACU – Suzuki Indonesia, sebagai salah satu penggerak otomotif Indonesia menyambut baik program inovatif Wisata Industri yang dipelopori oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi.

Program yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah dan menjadi sarana edukasi bagi pelajar ini diresmikan oleh Dinas Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Bekasi di Gedung Theater Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur pada Senin (29/05).

Melalui fasilitas produksi di Cikarang dan Tambun yang dikelola oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Suzuki mendukung upaya positif yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi untuk memperluas cakupan edukasi pelajar Kabupaten Bekasi. Suzuki menjadi salah satu dari 7 perusahaan yang mendukung program Pemerintah setempat untuk mengajak para pelajar mengetahui langsung bagaimana etos kerja para karyawan dalam menghasilkan sebuah produk yang berkualitas.

Dr. H. Dani Ramdan MT, PJ Bupati Kabupaten Bekasi menyampaikan bahwa program ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bekasi dan juga edukasi yang nantinya berguna bagi para pelajar ketika sudah menginjak dunia kerja. “Tujuan dari adanya program ini adalah menghidupkan dunia pariwisata Bekasi dan edukasi. Karena program wisata industri ini kelebihannya adalah selain menjadi tontonan, juga menjadi tuntunan yang artinya para pelajar bahkan masyarakat umum bisa melihat bagaimana etos kerja teman-teman di industri untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, dan perilaku disiplin. Semua itu adalah bahan edukasi bagi anak-anak,” ucapnya.

Baca juga:  Beli Mobil Baru, Simak Lima Tips ini Terlebih Dahulu

Seremoni peresmian program baru ini dihadiri oleh Bapak Dr. H. Dani Ramdan MT selaku PJ Bupati Kabupaten Bekasi, Bapak Firnandi Gufron selaku Koordinator Strategis dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Kemenparekraf, Bapak Iyan Priyatna selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, dan perwakilan pelajar dari sekolah di Kabupaten Bekasi. Dalam agenda peresmian ini, setelah seremoni selesai dilaksanakan, para pelajar yang hadir melanjutkan program dengan berkunjung ke Pabrik Suzuki Indomobil Motor Cikarang ditemani oleh David Hartanto, Sec. Head Corporate Communication & CSR PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dan tim yang juga turut hadir pada acara seremoni sebelumnya.

“Suzuki menyambut baik program Wisata Industri yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Bekasi, dan merasa terhormat karena dipercaya menjadi mitra untuk program edukasi dan ekonomi kreatif ini. Perlu diketahui bahwa Suzuki selama 53 tahun berada di Indonesia juga digerakkan dengan komitmen yang serupa. Kami berkomitmen untuk berkontribusi bagi bangsa dan masyarakat dengan memberikan aksi dan produk bermanfaat untuk perkembangan bangsa.

Baca juga:  Netralisasi Karbon, Maruti Suzuki Operasikan Pabrik Biogas di India

Komitmen ini kami wujudkan salah satunya melalui program Kunjungan Pabrik untuk Pelajar di pabrik Suzuki Cikarang. Kami berharap program edukasi ini juga bisa menambah wawasan yang lebih luas tentang industri otomotif, dan menginspirasi para pelajar untuk turut berkontribusi menjadi SDM unggul bagi negeri.” terang David.

Kunjungan ke pabrik Suzuki ini disambut oleh Deniro Adriansyah selaku Assist. To Dept. Head Cikarang Body Plant PT SIM dan Joshi Prasetya selaku Dept. Head Strategic Planning PT SIS. Kunjungan ke pabrik kali ini menjelaskan secara lebih rinci mengenai peraturan apa saja yang harus dilakukan ketika memasuki kawasan pabrik, misalnya pentingnya menggunakan alat pelindung diri (APD) di pos-pos kerja, berjalan di jalur yang sudah disediakan untuk pekerja dan kendaraan, dan sebagainya.

Sebagai tambahan edukasi, pelajar dan peserta kunjungan juga melihat teknologi canggih dan pengoperasiannya di pabrik Suzuki. Hal ini diharapkan akan menginspirasi dan menjadi berguna bagi para pelajar untuk mengetahui banyaknya hal yang harus diperhatikan saat bekerja untuk menjaga keselamatan diri dan rekan kerja, serta terus berinovasi untuk memaksimalkan potensi produksi.

Baca juga:  Perdana di Asia Tenggara, Suzuki eVX Bakal Hebohkan GIIAS 2024

Program Kunjungan Pabrik untuk Pelajar di lokasi pabrik Suzuki Cikarang ini sudah berjalan sejak tahun 2017 dan diikuti oleh lebih dari 50.000 siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Kunjungan Pabrik Cikarang secara reguler dilakukan delapan hari per bulan (setiap hari selasa dan kamis) dengan maksimal kapasitas dua batch dalam satu hari.

Pada program ini pelajar akan diajak untuk mengenal profil perusahaan dan proses produksi lebih dalam, mengunjungi area produksi (welding dan assembly), serta ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Sekolah yang ingin mengikuti program kunjungan pabrik dapat memesan jadwal melalui website www.suzuki.co.id/kunjungan-pabrik/cikarang. [dp/BGS]

Previous articleWahana Gelontorkan Program dan Promo Seru di JFK 2023
Next articleKolaborasi Alvez dengan Isyana Sarasvati Rilis Video Product Compact SUV