Begini Cara Wahana Praktikan Sektor Keberlanjutan di Kebun Organik

DAPURPACU – Turing ‘green’ yang digagas oleh PT Wahana Makmur Sejati dengan mengajak para awak media untuk menengok kebun organik yang berada di wilayah Cipanas, Jawa Barat.

Sesuai tema kegiatan yaitu ‘Wahana Green Touring’, Wahana sengaja mengarahkan mereka untuk melihat langsung para pekerja di green house tersebut mengelola beragam sayuran yang ditanam.

Kebun organik ini sendiri dikelola langsung oleh divisi Sustainability Department, yang khusus mengelola sektor keberlanjutan dalam lingkungan Wahana Artha Group.

“Kebun Organik ini sengaja disediakan untuk mendukung program pendidikan pemerintah yang mewajibkan dunia usaha memberikan pengetahuan kepada anak didik sekolah atau yang dikenal dengan istilah Teaching Factory,” papar Group Head of Sustainability WAG, Anastasia Kelly Budiman.

Dalam pengelolaannya, para pekerja di kebun organik ini tidak menggunakan bahan kimia apapun untuk merawat sayuran yang ada, melainkan pupuk organik cair hasil produksi sendiri.

Baca juga:  Wahana Honda Kembali Sponsori Satria Muda di Ajang IBL 2025

Kelly menyebutkan, produksi Pupuk Organik Cair (POC) tersebut merupakan hasil dari pengolahan limbah sampah basah yang dihasilkan di dalam lingkungan Wahana Artha Group.

Kelly memaparkan, Kebun Organik milik Wahana ini menempati area seluas 2.000 m2 untuk menanam berbagai macam sayuran guna memenuhi kebutuhan unit usaha F&B Wahana Artha Group.

“Kami baru memanfaatkan lahannya sekitar 1.000 m2 saja untuk menanam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, pare, selada, oyong, pakcoy dan terung,” ujarnya.

Kelly berharap dengan area luas yang tersedia tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendukung bidang pendidikan dan menjadi sarana pemberdayaan yang efektif bagi masyarakat sekitar.

“Dimana dalam program pendidikan pemerintah mewajibkan dunia usaha berikan pengetahuan kepada anak didik sekolah atau yang dikenal dengan istilah Teaching Factory,” tandasnya.

Group Head of Corporate Communication Wahana, Diana Anggraini mengatakan, aktivitas ini kembali digelar untuk lebih mendekatkan lagi perusahaan dengan para penggiat media.

Baca juga:  Wahana Honda Fleet - GSO Gelar Gathering Pelanggan Fleet

Dia menambahkan, bersamaan dengan turing kali ini, Wahana juga memperkenalkan program keberlanjutan (sustainability) yang saat ini tengah digadang–gadangkan oleh perusahaan.

“Program ini telah menjadi bagian penting bagi Wahana, yang tertuang dalam core values yang di tanamkan para founders Wahana Artha Group,” jelasnya disela pelepasan rombongan turing.

“Kami ingin para pegiat media bisa ikut terlibat dalam kegiatan sustainability yang dilakukan oleh Wahana,” tambah Diana, saat di green house di bawah Sustainability Department.

Diana mengakui bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian menyambut hari jadi Wahana Artha Group yang ke-51 pada 6 Agustus mendatang, dengan tema besar “Ready for All Challenges”. [dp/TH]

Previous articleGelar Kopdargab, Anggota AXIC Seru-seruan Sembari Turnamen Futsal
Next articleSistem Audio Premium Yamaha Hadirnya Konser di The New SUV Mitsubishi