Gandeng Korlantas, Hino Gelar Pelatihan Buat Trainer Truk

DAPURPACU – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) baru saja meluluskan peserta program Hino Korlantas Driver Trainer Contest (HKDTC).

Berlangsung di Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Purwarkarta, pada 18-19 September lalu, program training of trainer (ToT) oleh HMSI ini diikuti 50 peserta wakil dari 29.086 pengemudi dari berbagai customer Hino.

Mereka memperebutkan gelar juara dalam kompetisi yang melombakan berbagai kategori, mulai dari melatih daily inspection test with explanation, hingga driving test.

HMSI berharap melalui program ini dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan pelatihan mengemudi di Indonesia agar berdampak lebih luas lagi.

Selain itu, Hino juga ingin mendorong kerja sama sekolah mengemudi untuk mendapatkan izin dari Korlantas sebagai sekolah mengemudi untuk mengupgrade Surat Izin Mengemudi (SIM) B2.

Dalam siaran resminya, Selasa (19/9), COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, program HKDTC merupakan salah satu program untuk memberikan motivasi kepada para Driver Trainer.

“Untuk tahun ini, Hino bekerja sama dengan pihak Korlantas Polri untuk meningkatkan kompetensi pengemudi sehingga mereka dapat menjadi pelopor keselamatan Berkendara,” ujar Santiko.

Di hari pertama program turut di hadiri oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi untuk meninjau langsung kegiatan maupun fasilitas yang ada di HTSCC.

Pada tes Daily Inspection Test with Explanation, para peserta diuji kemampuannya dalam memeriksa kendaraan secara menyeluruh dan menjelaskan hasil pemeriksaan kepada peserta didik.

Setelah itu, para peserta mengikuti Driving Test, dimana dalam tes ini para peserta diuji kemampuannya mengemudikan kendaraan Hino secara aman dan efisien.

Pengumuman pemenang (awarding) dari program tersebut dilaksanakan di hari kedua, yang dilanjutkan dengan digelarnya seminar bertema ‘Pengemudi yang Kompeten Sebagai Pelopor Keselamatan Berkendara’.

Pada seminar itu menghadirkan nara sumber dari Kementerian Perhubungan RI, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Korlantas Polri dan Hino Indonesia.

Santiko memaparkan, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan pengemudi yang andal. Selain fasilitas lengkap untuk pelatihan mengemudi, Hino juga menyediakan Sertifikasi Nasional.

“Semua ini untuk mendukung dan mempermudah pengemudi mendapatkan Sertifikasi Nasional yang sangat penting untuk menunjang pekerjaan, terutama profesi pengemudi,” tutup Santiko. [dp/TH]

Previous articleYamaha MT-07 Rakitan Lokal Resmi Melenggang ke Benua Biru
Next articleResmi Dibuka, Astra Financial Hadirkan Program Menguntungkan