DAPURPACUID – Honda Brio terus mendulang penjualan positif hingga memasuki kuartal 2 tahun ini atau April 2024, dari total penjualan ritel lini model Honda sebanyak 3.434 unit.
Jumlah ini turut berkontribusi 52,7 persen dari total penjualan mobil Honda pada bulan itu yang mencapai 6.507 unit, atau sebesar 36.251 unit sepanjang kuartal pertama tahun ini.
Dengan jumlah tersebut posisi Honda berada di peringkat ketiga data penjualan mobil di Indonesia. Produk-produk Honda di segmen SUV juga turut menyumbangkan penjualan positif.
Honda HR-V terjual secara retail sebanyak 1.085 unit, diikuti WR-V sebesar 772 unit dan BR-V mencapai 684 unit. Kontribusi penjualan lainnya sebanyak 532 disumbangkan oleh produk Honda lainnya.
Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengakui penjualan kendaraan di kuartal pertama tahun ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.
“Mulai dari situasi politik hingga ekonomi secara global maupun nasional. Kondisi ini menyebabkan beberapa konsumen memilih untuk menunda pembelian hingga situasi yang dianggap lebih stabil,” imbuhnya.
Menurutnya, untuk mempertahankan tingkat permintaan terhadap produk-produk Honda, pihaknya menerapkan beberapa strategi diantaranya program penjualan yang meringankan pembelian.
“Termasuk memperkuat jaringan layanan purna jual untuk para konsumen loyal dalam merawat kendaraannya, sehingga resale value tetap terjaga,” tambah Billy.
Program Aktivitas dan Penjualan
Saat ini, Honda menghadirkan aktivitas bertajuk ‘Share Your Style Redefined Experience’, dimana konsumen diajak berbagi pengalaman mengemudi All New BR-V, WR-V, HR-V, atau City Hatchback RS.
Jika konsumen mampu mengungkapkan pengalaman menariknya dengan salah satu kendaraan Honda di atas, diganjar dengan hadiah menarik senilai jutaan rupiah.
Selain itu, Honda juga menggelar customer gathering yang diadakan diler resmi di berbagai kota dan berkesempatan untuk mendapatkan value senilai jutaan rupiah untuk setiap pembelian All New CR-V.
Tidak hanya itu, calon konsumen juga ditawarkan promo menarik bagi yang melakukan pembelian Honda Brio Satya, Brio RS, CR-V, Mobilio, City Hatchback RS dan New BR-V N7X Edition.
Konsumen akan mendapat Paket Hemat 1 yaitu gratis biaya jasa dan suku cadang untuk perawatan berkala sampai dengan 50.000 KM atau 4 tahun.
Kemudian untuk model sedan Honda seperti City, Civic, serta Accord generasi ke-10, konsumen berkesempatan mendapatkan program cicilan 0% selama hingga 3 tahun.
Terdapat juga program Fleet Sales & COP Campaign, dimana Honda memberikan kemudahan kepada perusahaan yang ingin melakukan pembelian fleet.
Konsumen dapat juga memanfaatkan fasilitas Car Ownership Program untuk pembelian New BR-V N7X Edition, All New CR-V dan All New Accord RS e:HEV.
Selanjutnya program Additional Value Loyalist berupa cashback hingga Rp 5.500.000 untuk pembelian Honda WR-V dan Honda HR-V. [dp/TH]