Indonesia Hadapi Lawan Tangguh di AFF Suzuki Cup 2018


JAKARTA (DP) – Turnamen sepakbola antar negara-negara ASEAN, AFF Suzuki Cup, bakal digelar kembali tahun ini. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun telah melakukan pengundian 10 negara yang akan berpartisipasi dalam turnamen tersebut di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu (2/5) lalu.

Seiji Itayama, Managing Director PT SIS, mengatakan tahun ini menjadi kali keenam Suzuki menjadi sponsor utama AFF Suzuki Cup 2018. Menurutnya, ini menjadi bukti pihaknya terus berkontribusi mendukung perkembangan sepakbola di ASEAN, khususnya di Indonesia.

“Kami berharap pengundian grup hari ini dapat menjadi motivasi para peserta AFF Suzuki Cup untuk mempersiapkan kemampuannya untuk bersaing sehat sehingga dapat mengembalikan gelora AFF Suzuki Cup 2018 kepada masyarakat, terutama pendukung timnas Indonesia agar Indonesia bisa menjadi juara,” ujar Seiji.

Adapun negara-negara yang berpartisipasi meliputi Indonesia, Thailand, Filipina, dan Singapura yang mengisi Group B. Sementara Group A berisikan Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja dan Laos.

Baca juga:  Raih Penjualan Positif di Agustus 2019, Suzuki Targetkan 11% Pangsa Pasar

Dua negara dengan peringkat AFF terendah yaitu Timor Lester dan Brunei Darussalam, harus memperebutkan satu tiket melalui partai play off yang akan dilaksanakan pada September 2018.

Sistem baru bakal diterapkan untuk tahun ini, di mana panitia penyelenggara menerapkan sistem kandang dan tandang yang mulai berlaku pada babak penyisihan. Sedangkan untuk fase knock out, dua tim terbaik dari grup masing-masing akan maju ke semifinal dan memainkan dua babak kandang-tandang sampai partai final.

Sehingga seluruh negara peserta menjadi tuan rumah selama AFF Suzuki Cup 2018 berlangsung. AFF Suzuki Cup 2018 juga menghapus sistem kualifikasi dengan menambah satu negara peserta di babak final.

Sebagai informasi, Piala AFF pertama kali digelar pada 1996 di Singapura dan pada Piala AFF tahun 2004 mulai mengadopsi sistem baru. Dalam sistem baru ini, partai final digelar dalam dua laga kandang dan tandang untuk mempopulerkan kejuaraan ini.

Baca juga:  Suzuki Gandeng Pebisnis Jualan Produknya

Kemudian pada 2008, Suzuki resmi menjadi sponsor utama untuk pertama kalinya dengan Indonesia sebagai tuan rumah dan berganti nama menjadi AFF Suzuki Cup. Dalam waktu sepuluh tahun dengan dua belas kali penyelenggaraan, Piala AFF telah bernaung di bawah nama Suzuki sebanyak enam kali. [dp/MT]