Jalan Tol Jakarta - Malang Siap Dilewati Pemudik | dapurpacu.id

Jalan Tol Jakarta – Malang Siap Dilewati Pemudik


JAKARTA (DP) – Jelang arus mudik 2018 pada Juni nanti, berbagai kesiapan terus dipantau oleh Jasa Marga guna memberikan kenyamanan bagi para pemudik. Titik-titik yang disinyalir menjadi biang kemacetan kelak, coba dikondisikan agar tidak berdampak luas.

Dalam rangka memantau kesiapan arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H), Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun melakukan pantauan ke Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Malang yang dikelola oleh Jasa Marga dan anak usahanya, pekan kedua Mei (11-13/5) lalu.

Menurut Refly, agenda kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri 1439 H.

“Kami ingin memastikan bahwa persiapan mudik dilakukan dengan sebaik-baiknya. Meski ada beberapa kendala dalam beberapa hal, kerja keras yang dilakukan oleh para petugas di lapangan, jajaran direksi, dan semua pihak di Jasa Marga, Anak Perusahaan, dan cabang bisa mengatasinya,” ujar Refly, dalam siaran resminya, Rabu (23/5).

Pada kesempatan tersebut, Refly menyambangi rest area di Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) Km 207. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana yang terdapat di rest area.

Selain itu, Refly beserta rombongan juga mengunjungi Jembatan Kali Kuto yang termasuk di dalam Proyek Jalan Tol Batang-Semarang yang akan dijadikan jalur fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran.

Refly berharap jembatan ini dapat dioperasikan menjelang mudik Lebaran, sehingga dapat mempermudah akses pengguna jalan yang menggunakan jalur fungsional Jalan Tol Batang-Semarang.

Tak hanya itu, Refly juga memastikan kesiapan Simpang Susun (SS) Krapyak yang merupakan akses keluar terakhir dari jalur fungsional Jalan Tol Batang-Semarang. Ia juga memastikan kesiapan dua jalan tol yang disiapkan untuk Jalur Fungsional, yaitu Jalan Tol Salatiga-Kartasura dan titik kritisnya Jembatan Kali Kenteng, serta Jalan Tol Pandaan-Malang.

Kedua jalan tol tersebut terus dilakukan percepatan pengerjaannya dan diharapkan dapat menjadi alternatif para pemudik saat arus mudik dan balik Lebaran nanti.

Refly juga memantau progres Jalan Tol Gempol-Pasuruan di mana pada 2017 seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 Km telah beroperasi dan dalam waktu dekat diharapkan seksi II (Rembang -Pasuruan) sepanjang 6,6 Km dapat dioperasikan dan akan mampu mengurai simpul kemacetan yang ada di jalan arteri. [dp/MTH]