Perdana, Pertamina Berangkatkan 1.312 Pemudik Pakai Kereta Api | dapurpacu.id

Perdana, Pertamina Berangkatkan 1.312 Pemudik Pakai Kereta Api


JAKARTA (DP) – PT Pertamina (Persero) melepas pemberangkatan 1.312 pemudik menggunakan kereta api menuju kampung halaman di Stasiun Pasar Senen, Jumat (8/6). Bagi Pertamina, pemberangkatan mudik gratis yang dikemas dalam Bareng Bareng Mudik (BBM) 2018 dengan kereta api ini merupakan yang perdana dilakukan.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan untuk ke depan, transportasi mudik menggunakan kereta api akan menjadi bagian dari kegiatan tahunan Pertamina.

“Ini tahun pertama kami menggelar mudik dengan kereta api agar ada pilihan bagi masyarakat selain bus dan kapal laut. Kami berupaya memaksimalkan moda yang ada untuk memasilitasi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman dengan aman dan nyaman,” jelas Adiatma, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/6).

Adapun pemberangkatan pemudik dilakukan dalam dua pelepasan, yakni 8 Juni sebanyak 2 kereta dan 9 Juni sebanyak 4 kereta, sehingga total 6 kereta. Untuk kereta yang diberangkatkan pertama adalah Gajahwong tujuan Lempuyangan, Yogyakarta dan kereta Singasari dengan tujuan Blitar, Jawa Timur.

Baca juga:  Kilang Pertamina Cilacap Optimalkan Produksi Pertalite

Sementara pada Sabtu ini, BBM 2018 menggunakan Kereta Jaka Tingkir dengan tujuan Purwosari, Solo, kereta api Menoreh tujuan Tawang, Semarang, Gajahwong dengan tujuan Lempuyangan, Yogyakarta dan Majapahit dengan tujuan Malang, Jawa Timur.

Mudik gratis naik kereta ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Seperti diungkapkan Misbahul Fakhrudin, warga Jakarta Utara, yang mengaku sering mengikuti kegiatan mudik gratis bareng Pertamina.

Namun diperluasnya angkutan mudik dengan kereta api menjadi pengalaman pertamanya. “Alhamdulillah, ini kesempatan langka. Mudik naik kereta gratis, tinggal daftar prosedurnya gampang, dan tidak kena macet,” kata pria yang akan mudik ke Bumiayu, Jawa Tengah.

Fakhrudin berharap tahun depan mudik kereta diperbanyak lagi, agar pemudik lain yang tidak kebagian bisa mendapatkan kesempatan naik kereta api.

Adiatma menambahkan, dengan terus digelarnya mudik gratis ini menjadi bentuk dukungan Pertamina pada kampanye keselamatan mudik sekaligus membudayakan penggunaan transportasi umum demi untuk mengurangi kemacetan, serta meminimalisir angka kecelakaan.

Baca juga:  Kilang Pertamina Cilacap Optimalkan Produksi Pertalite

Bersamaan dengan pemberangkatan kloter kedua kereta api, acara BBM 208 Pertamina secara massal juga dilaksanakan tepat hari ini, yaitu dengan menggunakan 122 unit transportasi.

Perinciannya yakni 110 unit bus tujuan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta Palembang, 6 kereta api dengan lebih dari 10 kota tujuan di Jawa dan 6 kapal laut dari Makassar dengan 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Balikpapan, Lewoleba, Bima dan Bau-bau.

Peserta berasal dari mitra kerja, mitra CSR, marbot masjid dan masyarakat umum. Dalam rangka menyambut Asian Games 2018, BBM tahun ini juga mengikutsertakan komunitas olahraga. Diantaranya para mantan atlet, petugas kebersihan dan keamanan gelanggang olahraga serta pengurus organisasi-organisasi olahraga. [dp/MTH]