Melongok Kehebatan Mobil Kepresidenan Donald Trump


SINGAPURA (DP) – Pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un awal pekan ini menyisakan cerita tak hanya soal isu politik, tapi juga soal mobil kepresidenan Trump yang ikut dibawa ke Singapura.

Yang menjadi perhatian adalah aksi pamer Trump kepada Jong-un untuk mengajak melihat limousin kepresidenannya yang dijuluki The Beast. Pemimpin Korea Utara itu menjadi diplomat asing pertama yang diberikan kesempatan untuk melihat dari dekat The Beast. Meski ia sepertinya ingin menjaga gengsi dengan tidak terlalu antusias melihat ke dalam interior The Beast.

Nah, sekarang kita membahas The Beast, yang juga dikenal dengan nama Cadillac One atau First Car. Mobil custom bermerek Cadillac ini memiliki bentuk ‘tak lazim’ karena selain berdimensi besar, rodanya pun seukuran dengan roda truk sedang atau truk besar.

Dengan spesifikasi sesuai pesanan U.S. Secret Service, Cadillac senilai $1,6 juta (Rp22,3 miliar) itu memang tidak untuk produksi massal. Karena memang fungsinya untuk melindungi orang nomor satu Amerika dari berbagai serangan, mulai dari tembakan senjata laras pendek, laras panjang, bom hingga serangan senjata kimia.

Baca juga:  Yuk Kupas 'Jeroan' Skutik Anyar Yamaha FreeGo

The Beast dibuat dua unit yang kembar identik dan beroperasi bersamaan untuk mengantar sang presiden. Ini gunanya untuk mengelabui calon penyerang presiden AS, kendaraan yang mana yang membawa orang nomor satu di negeri adidaya itu.

Rumor yang berkembang menyatakan bahwa Gedung Putih biasanya memiliki 12 versi dari mobil kepresidenan yang sama pada waktu yang bersamaan, dengan semua fungsi itu disiapkan untuk digunakan sesuai momen yang tepat.

Ke mana pun Trump pergi, The Beast akan selalu menemaninya. Hebatnya, selain dapat melindungi presiden dari berbagai serangan tadi, The Beast juga dilengkapi dengan cadangan darah dengan golongan darah yang sesuai dengan sang presiden. Ini untuk mengantisipasi apabila presiden AS terluka dan membutuhkan darah.

Ban The Beast biasanya menggunakan ban seukuran truk medium dan heavy-duty yang diperkuat dengan Kevlar dan baja agar ban tahan terhadap benda-benda tajam.

Baca juga:  Aprilia SR Max 300 Layak Tantang Yamaha Xmax dan Honda Forza

Lucunya, The Beast tak punya lubang kunci pada pintunya. Hanya segelintir petugas Secret Service yang tahu cara membukanya. Kaca jendelanya yang anti peluru dab setebal 5 inci tak bisa dibuka, dan jendela pada sisi pengemudi hanya bisa membuka selebar 3 inci.

Dibuat dari material dengan spesifikasi militer, bodi The Beast diperkuat dengan plat baja pada bagian bawah bodinya, guna melindungi dari serangan bom. Tangki bahan bakar juga diperkuat dengan lapisan baja spesifikasi militer dan diisi dengan busa khusus yang mencegah dari kemungkinan meledak. Sistem pemadam kebakaran juga disematkan pada The Beast.

Hebatnya lagi, The Beast dilengkapi dengan peluncur granat, optik untuk melihat di malam hari, kanon gas air mata dan persenjataan lainnya.

Untuk bobotnya tak main-main, The Beast memiliki berat bersih 9 ton, dan karena saking beratnya, limousin ini hanya memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam. [dp/TGH]