Honda Super Cub C125, Tampang Jadul Fitur Kekinian


TOKYO (DP) – Meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan berbau klasik atau vintage, mendorong Honda melahirkan kembali motor bebek bergaya ‘jadul’ yang menyandang nama Super Cub.

Motor bebek bernama lengkap Honda Super Cub C125 ini akan ditawarkan ke pasar global. Motor ini merupakan perwujudan dari versi konsep Honda Cub EV yang pernah dipamerkan di ajang Auto Expo 2016 di India.

Honda rencananya akan meluncurkan new Super Cub C125 di pasar internasional pada 2019, dan diyakini sejumlah analis akan menarik minat para baby boomers yang pernah merasakan dan mengalami era keemasan motor ini pada 1970-an hingga 1980-an. Selain itu, generasi milenial bisa saja tertarik untuk mencoba dan merasakan aura vintage yang pernah dirasakan para orangtua mereka. Apalagi motor ini sudah dilengkapi berbagai fitur terkini yang sudah tak asing bagi kalangan remaja saat ini.

Baca juga:  FIF Terbitkan Obligasi Untuk Pembiayaan Sepeda Motor Honda

Selama enam dekade kiprahnya, Honda Cub telah terjual sebanyak lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia. Honda pertama kali meluncurkan Super Cub pada 1958, dan motor tersebut sebagai motor terlaris sejagat.

Honda Super Cub 125 model 2019 ini memadukan desain klasik dengan teknologi modern agar tetap relevan dengan kondisi pasar saat ini. Sekilas jika melihat lekukan bodi dan aksesorisnya, Anda pasti mengira itu benar-benar motor bebek jadul. Ditambah lagi dengan knalpotnya yang berlapis krom, jauh berbeda dengan kebanyakan knalpot motor era sekarang yang berkelir hitam atau dengan tambahan aksen silver.

Untuk Honda Super Cub C125 yang tertera pada foto ini berkelir biru (Pearl Niltava Blue) dengan kombinasi jok warna merah dan sayap warna putih.

Mengenai dapur pacunya, Honda Super Cub C125 menggendong mesin 125cc satu silinder, dengan sistem injeksi berpendingin udara, yang menghasilkan tenaga 9,5 bhp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm pada 5.250 rpm, yang disalurkan melalui transmisi semi otomatis 4 percepatan.

Baca juga:  Michelin Segera Produksi Ban Ramah Lingkungan di Indonesia

Menurut Honda, dalam keterangan tertulisnya medio pekan ini, mesin pada Super Cub C125 lebih efisien dan bertenaga. Sedangkan untuk tingkat konsumsi bahan bakarnya mencapai 66,7 km/liter dengan daya jelajah 245 km.

“Kami tahu konsumen kami sendiri, laki-laki atau perempuan, yang selalu penuh gaya, dan kami ingin new Super Cub C125 akan memperkaya gaya hidup mereka,” kata Tadamasa Maeda, pemimpin proyek untuk Honda Super Cub C125.

Nah, berbicara tentang fitur-fitur yang dicangkokkan pada Super Cub C125, sejumlah teknologi terkini yang sudah tak asing di kalangan kaum milenial, meliputi pencahayaan LED, klaster instrumen semi-digital dan smart-key technology.

Sedangkan beberapa fitur keselamatan pada Honda Super Cub C125 termasuk rem cakram 220 mm di depan, yang dilengkapi kaliper hidrolik dua piston dan roda belakang menggunakan rem tromol 110 mm, sementara ABS menjadi peranti standar. Beralih ke sistem suspensinya menggunakan garpu teleskopik 26 mm untuk depan dan dua shock absorber di belakang. [dp/TGH]