Jokowi Bernostalgia dengan Jimny di Booth Suzuki


JAKARTA (DP) – Tampil perdana di hari pertama pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Suzuki Jimmny terbaru, banyak menarik perhatian pengunjung. Bahkan Presiden Jokowi usai membuka pameran yang diklaim terbesar di Asia Tenggara itu, tak lupa mampir di booth Suzuki, saat melihat sosok Jimny dengan warna yang mengundang perhatian.

Jokowi dengan gaya khasnya, langsung mendekat bahkan sempat mengelus-elus mobil yang memang dalam beberapa bulan terakhir viral di media sosial, terlebih lagi setelah Suzuki Jepang melaunching Jimny terbaru ini untuk konsumsi publik di negara Matahari Terbit.

DapurPacu.id dan para awak media lain, memang tidak bisa mendengar langsung apa yang diperbincangkan Presiden ketika sudah berada disamping Jimny berwarna kinetic yellow tersebut. Jokowi sempat terlibat pembicaraan yang serius dengan President of Commissioner PT Suzuki Indomobil Sales, Soebronto Laras.

“Wah! ini Jimny yaaa?, mobil saya yang pertama itu, yaa ini nih, Jimny ini,” kata Jokowi dengan senyuman khasnya kepada Soebronto Laras, yang bangga mendengar cerita Presiden, seperti yang diungkapkannya kepada wartawan, di booth Suzuki, Kamis (2/8).

Menurut Soebronto, kunjungan Jokowi ke booth Suzuki sekaligus menjadi ajang nostalgia karena Jimny merupakan mobil pertama yang dimiliki sang Presiden saat masih kuliah. Namun, Soebronto tidak menjelaskan lebih lanjut, apakah Presiden Jokowi berminat untuk memesan Jimny terbaru ini.

Yang pasti, tambah bos SIS ini, sejak viral di media sosial, banyak sekali relasi dan tekan bisnisnya yang menanyakan apakah Jimny terbaru tersebut sudah dijual atau belum.

Informasi yang diterima DapurPacu.id soal Jimny ini, memang masih simpang siur. Kalau bertanya langsung kepada sales di booth Suzuki, ini jawabannya, “Kalau bapak kasih tanda jadi Rp10 juta, nama bapak jadi prioritas untuk mendapatkan mobilnya pak,” ujar tenaga penjual di booth Suzuki.

Tapi, kalau ditanya ke petinggi SIS, Jimny terbaru tersebut belum dijual. “Walau pun sudah kita pamerkan, namun belum akan dipasarkan dalam waktu dekat. Kehadiran Jimny ini di GIIAS untuk mengobati rasa penasaran konsumen karena melihat gambar-gambar mini off-roader ini viral dalam beberapa bulan terakhir,” ujar Direktur Pemasaran PT SIS 4W Donny Saputra di Jakarta, Senin (30/7).

Di Jepang, New Jimny ditawarkan dalam dua varian, yaitu bermesin bensin 660 cc dan mesin bensin 1.5 L. Kedua varian ini sama-sama dilengkapi fitur part-time four-wheel drive dengan low range transfer gear dan 3-link rigid axle suspension.

Pilihan transmisinya adalah 4-speed torque converter automatic dan manual 5 percepatan. Sedangkan untuk tipe Jimny Sierra 1.5 L akan ditawarkan dalam dua grade, dan untuk yang bermesin 660 cc akan ditawarkan dalam tiga grade.

New Suzuki Jimny mendebut di Jepang beberapa waktu lalu dan sudah dipasarkan. Sedangkan untuk pasar Eropa, kemungkinan meluncur pada akhir 2018. [Dp/Gtm]