Pertumbuhan industri Otomotif di Surabaya Makin Nyata


SURABAYA (DP) – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya telah dimulai, dengan menempati lokasi di Grand City Convex, 15 – 23 September. Lebih dari 70 peserta turut ambil bagian dalam even tersebut.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Drajat Irawan, SE, MT, even menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang digelar oleh Gaikindo untuk memajukan industri otomotif Tanah Air.

Drajat mengaku senang dengan dilibatkannya Industri Kecil Menengah (IKM) otomotif dari Jawa Timur pada even terbesar otomotif di Indonesia tersebut.

“Kami berharap pameran ini dapat memberikan manfaat bagi Jawa Timur, baik dari segi industri sekaligus kesejahteraan masyarakat. Selain itu, nilai ekspor Jawa Timur untuk industri otomotif (velg, tutup velg, rem, dan rem piston) pada tahun 2017 mencapai 256,56 Juta USD,” ujarnya.

11 merek kendaraan penumpang, 4 merek sepeda motor, dan puluhan merek industri pendukung otomotif berpartisipasi, diantaranya BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Lexus, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Peugeot, Suzuki, Toyota, serta Wuling.

Baca juga:  Cara GIIAS Bikin 'Melek' Pengunjung Soal Teknologi

Disisi lain, Rizwan Alamsjah selaku Ketua III Gaikindo hadirnya GIIAS di Surabaya dikarenakan kota ini menjadi titik pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

“Dengan penyelenggaraan ini, Gaikindo optimis wilayah ini akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat seiring dengan terus tumbuhnya industri otomotif disini,” ungkap Rizwan.

Hadir dengan konsep baru, tahun ini GIIAS Surabaya Auto Show dilaksanakan lebih lama dan lebih luas dibanding sebelumnya. Berbagai special program juga telah dipersiapkan untuk pengunjung.

Bagi pengunjung yang membawa mobil dapat mendapatkan fasilitas cuci mobil gratis dari Go-Life. Caranya mudah hanya dengan menjadi pengunjung GIIAS Surabaya dengan membeli tiket, install Go-Life di smartphone, dan kunjungi booth Go-Life.

Selain cuci mobil gratis Go-Life juga menyiapkan free massage bagi pengunjung yang merasa lelah setelah berjalan ke seluruh area pameran. Di area outdoor pun telah disiapkan beragam hiburan bertema otomotif.

Baca juga:  Sistem Ganjil-Genap Tidak Berlaku Hari Ini dan Libur Natal

Ragam item acara tersebut yaitu Car & Motorcycle Modification, Audio Contest, Thematic Ladies Car and Classic Car Night, Auto Show Music Lounge, penampilan female DJ, Live Music, hingga Food Court.

Tidak ketinggalan pengunjung juga bisa mencoba mobil atau motor favoritnya di area Test Drive dan Test Ride pada outdoor area. Pameran dimulai pukul 11.00 – 21.00 untuk hari Senin – Jumat, sementara weekend dimulai pukul 10.00 – 21.30.

Harga tiket pengunjung Rp 20.000 untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak berusia dibawah 4 tahun gratis, termasuk untuk lannsira diatas 65 tahun. [dp/MTH]