Gagahnya Mercedes GLC L, Sayang Cuma Ada di China


BEIJING (DP) – Audi Q5 L akan kedatangan lawan sepadan sama-sama dari Jerman, yakni new Mercedes-Benz GLC L. Kedua model SUV mewah ini akan bersaing mendapatkan perhatian dari konsumen kaya China yang menyukai mobil berkabin lapang.

Sama-sama memiliki embel-embel huruf ‘L’ di belakang namanya, baik Audi Q5 L maupun Mercedes-Benz GLC L merupakan varian dengan wheelbase lebih panjang dibandingkan dengan model standar.

Untuk Mercedes GLC L, para insinyur pabrikan mobil Jerman ini memanjangkan wheelbase dari model standar sebanyak 100 milimeter (3,93 inci), sehingga memberikan ruang kaki lebih lapang bagi penumpang belakang.

Dengan memelarkan wheelbase, maka Mercedes GLC L memiliki panjang keseluruhan 4,76 meter, sedangkan lebarnya mencapai 1,89 meter. Jika GLC versi standar memiliki bobot sekitar 1.790 kilogram, jadi sudah pasti GLC L sedikit lebih berat bobotnya.

Tapi meski memiliki wheelbase lebih panjang, GLC L sekilas memiliki ukuran yang sama dengan versi standar. Yang membedakan hanyalah ukuran pintunya yang sedikit lebih panjang, sehingga mempengaruhi proporsi keseluruhan SUV ini.

Baca juga:  Honda Jazz Listrik Siap 'Menyetrum', Harga Rp254 Jutaan

Di balik kap mesin, segalanya masih sama dengan versi standar. Di China, GLC ditenagai mesin 2.0-liter turbo, yang dicangkokkan pada model GLC 200 L 4Matic, GLC 250 L 4Matic, dan GLC 300 L 4Matic, dengan masing-masing model memiliki tenaga 184 horsepower (137 kilowatt), 211 hp (157 kW), dan 245 hp (183 kW). Tenaga itu disalurkan ke seluruh roda melalui girboks matik 9 percepatan.

Mercedes GLC L akan diproduksi oleh Beijing-Benz Motor Company (BBAC), perusahaan patungan antara Daimler dan BAIC. GLC dan GLC L akan diproduksi di pabrik yang sama di China.

SUV anyar ini, menurut Mercedes-Benz dalam pernyataan tertulisnya, akan melakukan debut di Guangzhou International Automobile Exhibition pada November mendatang. [Dp/TGH]