Satu Dekade, Mandiri Tunas Finance Ukir Pertumbuhan di Berbagai Sektor


JAKARTA (DP) – Masuk usia satu dekade pada tahun ini, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) mampu mengukir prestasi positif. Pencapaian terbaik berhasil diperoleh sepanjang 2018 lalu, yaitu mampu tumbuh 21,6% dibandingkan yang diraih di tahun sebelumnya.

“Tahun lalu kami berhasil membukukan pembiayaan sebesar Rp26,9 triliun, sementara di tahun 2017 hanya menggapai sebanyak Rp22,2 triliun. Benar-benar luar biasa apa yang kami raih di tahun lalu,” ungkap Direktur Utama MTF, Arya Suprihadi.

Ia menambahkan dari total pembiayaan tersebut, sebesar 73,2% disalurkan dari segmen retail, 23,7% untuk segmen corporate fleet, dan sisanya 3,6% dari pembiayaan segmen multiguna dan lain-lain.

Disisi lain, MTF juga mencatatkan perolehan laba bersih hingga Rp403,3 miliar atau naik 15,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2017. Sedangkan pertumbuhan aset mencapai 18,6% menjadi 17,5 triliun per Desember 2018, dibandingkan 2017 dengan Rp14,7 triliun.

Baca juga:  Crossover Listrik Keren Nissan Ini Meluncur 2 Tahun Lagi

“Pertumbuhan pembiayaan ini didorong peningkatan peminjaman (lending) di Kalimantan sebesar 35,3% (year-on-year/YoY), corporate fleet (67,3%), dan multiguna (214,8%) menjadi Rp900 miliar,” tambahnya.

Sedangkan kerja sama channeling dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) menghasilkan pembiayaan syariah sebesar Rp1,4 triliun, dan pembiayaan dengan Fintech sebesar Rp70 miliar.

Kendati gencar mendorong pertumbuhan bisnis, MTF tetap berhasil menjaga kualitas kredit, yang tercermin dengan tingkat Non Performing Loan (NPL) mencapai 0,83%, yang mengalami perbaikan dari posisi NPL tahun lalu sebesar 1,09%.

Luncurkan Dua Program Baru

Direktur Utama MTF, Arya Suprihadi saat memperkenalkan dua program baru.

Memantapkan langkahnya di tahun ini, MTF resmi meluncurkan dua program pemasaran terbaru yaitu Produk Kredit Mobil Millenial yaitu angsuran berjenjang untuk membantu konsumen millennial mengatur angsuran sesuai kemampuan, dengan tenor sampai dengan 5 tahun.

Program kedua yaitu hadiah wisata ke 10 destinasi dalam dan luar negeri untuk 100 konsumen yang diundi untuk 10 pemenang setiap bulannya. Selain itu, selama bulan Februari hingga November 2019, MTF memberikan kartu kredit Mandiri dengan free annual fee selama 3 tahun.

Baca juga:  Menjajal 'Gurihnya' Saham Adira Finance

Untuk memperkuat branding produk multiguna,MTF juga merilis CashAja. Dengan branding ini konsumen dapat memiliki dana tunai untuk berbagai kebutuhan seperti renovasi rumah, pernikahan, ibadah Umroh, travelling, pendidikan, kesehatan dengan menjaminkan kendaraannya di MTF.

Tak hanya itu, dalam rangka memudahkan komunikasi dengan konsumen, MTF meluncurkan chatboard MARSHA (MTF Assistant Virtual Sahabat Anda). [dp/MTH]