Setelah Balikpapan, ZF Segera Buka ‘Branch Operation’ di Kota Lain


JAKARTA (DP) – Setelah lebih dari 1,5 tahun resmi memasuki pasar aftermarket Indonesia, ZF, perusahaan pemasok komponen asal Jerman semakin fokus mengembangkan pasar di Indonesia dengan cara membuka ‘branch operation’ di berbagai  daerah.

“Pembukaan branch operation itu semakin mempermudah customer yang berada di daerah langsung berhubungan dengan kami, seperti yang sudah ada di Balikpapan, Kalimantan Timur dan akan disusul dengan daerah-daerah lainnya,”  jelas Managing Director PT ZFAG Aftermarket Jakarta, Donny Septianto Kurniawan, pada pameran Busworld South East Asia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3).

Saat ini, kata pria lulusan Teknik Mesin Universitas Pancasila itu, ZF sedang melakukan studi di beberapa daerah untuk menentukan kota mana saja yang paling memungkinkan dari berbagai sisi untuk membuka ‘branch operation’ berikutnya.

Kehadiran ZF di pameran Busworld South East Asia 2019 di JIExpo, Kemayoran ini adalah untuk memperkenalkan berbagai komponen yang dipasok ZF. “Sekarang ini, ZF tidak hanya memasarkan girboks, tetapi juga sudah merambah ke komponen-komponen aftermarket kendaraan lainnya, seperti shock absorber, ball joint, tie rod, lubricant, clutch, vehicle manangement system dan masih banyak yang lainnya. Di Indonesia,  kami akan terus melakukan ekspansi untuk memperbesar perusahaan, bisnis dan pemasaran produk,” ungkap Donny.

Pria yang sudah malang melintang di dunia otomotif ini, melihat pasar mobil di Indonesia terus tumbuh dan merupakan peluang pasar yang sangat menjanjikan. “Pasar di Indonesia sangat penting karena itu, ZF akan fokus untuk mengembangkan pasar di sini,” tambahnya.

Melihat pentingnya pasar Indonesia, kata Donny, per Maret 2017 lalu, divisi aftermarket ZF Grup meresmikan entitas hukum yang baru dengan nama PT ZFAG Aftermarket Jakarta, dengan tujuan agar dapat memberikan pelayanan lebih baik serta menjamin ketersediaan produk lebih cepat bagi konsumen dan mitra bisnisnya di Indonesia.

Saat ini, ZF telah mengakuisi Sachs dan TRW sehingga produk-produk kedua brand tersebut juga dipasarkan oleh ZF untuk melengkapi kebutuhan pasar di dunia.

Dijelaskannya, produk-produk ZF yang dipasarkan di Indonesia diimpor langsung dari Jerman, meskipun ZF memiliki pabrik perakitan (Assembling factorydi Malaysia dan Thailand, namun main componentnya tetap dari Jerman.

“Kami memiliki lebih dari 50 pabrik di Jerman yang memproduksi produk-produk ZF untuk dipasarkan ke pasar global, termasuk ke Indonesia. Tapi secara global kami memiliki 230 pabrik yang tersebar di mancanegara.” kata Donny yang belum lama ini bergabung dengan ZF.

Donny menambahkan bahwa pihaknya sudah memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun  di bisnis produk-produk aftermarket dan bagi kalangan pecinta mobil-mobil Eropa, seperti Mercedes-Benz, BMW, VW, Audi, Volvo dan lain-lain, nama ZF bukanlah nama yang asing.

Bus-bus yang disebutkan Donny, seperti Mercedes-Benz, Volvo yang ikut pada pameran Busworld South East Asia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, juga menggunakan transmisi ZF. Bahkan, tambahnya, bus Trans Jakarta Scania, juga menggunakan komponen asal pabrikan Jerman ini.

Pameran Busworld South East Asia 2019  tinggal menyisahkan waktu sampai hari ini (Jumat, 22/03). Masih ada waktu, kalau Anda ingin melihat bus-bus dengan tampilan yang super keren. Ada juga angkutan umum, seperti bus-bus jadul hingga bemo ikut pula dipamerkan.  [Dp/Gtm]