Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro Kelima di Maluku


MALUKU (DP) – PT Astra International Tbk bersama PT Federal International Finance (FIFGroup) kembali meresmikan Bank Wakaf Mikro (BMW), yang kali ini dipusatkan di Pondok Pesantren Al Anshor Peduli, Maluku, Ambon.

BMW ini menjadi yang kelima bagi Grup Astra dioperasikan yang mendukung program OJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan.

Prosesi peresmian dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas.

Dengan peresmian ini, Grup Astra telah mendukung pendirian BMW kelima dari 10 yang rencana pendiriannya didukung penuh oleh Astra International dan anak perusahaannya yang tergabung dalam Astra Financial.

“Mudah-mudahan komitmen Astra dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik agar dapat berperan aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia,” ujar Pongki.

Baca juga:  Beli BMW Seri 7 dan 5 di IIMS 2019 Gratis BBM Shell 1 Tahun Penuh

Senada dengan itu, Direktur FIFGroup, Sutjahja Nugroho mengatakan BWM di Ambon ini menjadi yang ketiga dari FIFGroup, setelah sebelumnya di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang dan Honai Sejahtera Papua Pondok Pesantren Yaa Bunayya, Jayapura.

Adapun pendanaan yang diberikan kepada ketiga BWM tersebut berasal dari dana sosial syariah FIFGroup dan PT Astra International Tbk, sebagai perusahaan induk.

Sebagai informasi, BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal.

Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 45 BMW. Untuk periode 2018-2019, Astra bersama anak perusahaan dalam Astra Financial berkomitmen menjadi donatur pendirian 10 BMW di beberapa Provinsi di Indonesia. [dp/MTH]