Quartararo Cetak Pole Position Ketiganya di Assen

Foto: MotoGP

ASSEN (DP) – Fabio Quartararo kembali membuat terkejut jagad balap MotoGP, usai keberhasilannya meraih pole position pada ajang balap MotoGP Belanda, Sabtu (29/6), di Sirkuit TT Assen.

El Diablo mampu memupus harapan para seniornya, Maverick Vinales dan Alex Rins, bahkan Marc Marquez pada sesi kualifikasi tersebut. Kepiawaiannya guna memperoleh hasil maksimal pun sudah terlihat sejak free practice yang digelar sepanjang Jumat dan Sabtu.

Hasil tersebut menjadi pencapaian pole keduanya secara berturut-turut setelah sebelumnya hasil yang sama diraihnya di Catalunya. Selain itu, Quartararo pun mampu mematahkan rekor lapnya sendiri di Assen.

Sejatinya, pebalap tim Petronas Yamaha SRT ini masuk ke sesi kualifikasi sebagai favorit kuat juara, usai terus memimpin pada latihan bebas, mencetak rekor lap baru di FP3, sebelum akhirnya ia berhasil mematahkan rekornya itu dengan waktu 1 menit 32,027 detik.

Foto: MotoGP

Tak pernah keluar dari empat besar, Quartararo terus menekan hingga berakhirnya sesi. Kerja kerasnya membuahkan hasil manis. Satu menit jelang habis kualifikasi, ia merangsek teratas.

Baca juga:  Marc Marquez Raih Pole Position Perdana di Mugello Italia

Sementara Vinales, yang harus masuk pit untuk mengganti shock depan di pertengahan kualifikasi, bersellisih waktu 0,140 detik dari Quartararo. Di sisi lain, usai lolos dari Q1, Rins memanfaatkan momentum untuk memacu tunggangan agar berdiri di barisan terdepan.

Sedangkan Marquez harus puas berada di posisi ke 4, dan harus berjuang sendiri setelah Jorge Lorenzo dipastikan tidak ikut dalam balap MotoGP Belanda ini. Lorenzo mengalami insiden buruk saat FP1 setelah menderita dua patah tulang belakang.

Foto : MotoGP

Tak kalah menarik adalah penampilan skuat Suzuki lainnya yaitu Joan Mir, yang mampu bertengger di urutan ke 5 di depan Cal Crutchlow.

Keberuntungan kembali tidak berpihak pada Andrea Dovizioso yang harus puas mengisi posisi 11. Begitu pun dengan Valentino Rossi di grid ke-14, setelah kegagalannya lolos ke sesi kualifikasi kedua.

Pole position di Assen merupakan yang ketiga bagi Quartararo dalam debutnya di kelas premier musim ini. Sebelumnya ia start terdepan di Jerez dan Catalunya. [dp/MTH]